Home » » 2 Vst plugin untuk bass yang mantap di Fl studio

2 Vst plugin untuk bass yang mantap di Fl studio

Di Fl studio sebenarnya banyak vst plugin instrumen bawaan yang di sediakan, dan kalau rajin dengerin satu persatu preset yang ada pasti ketemu yang bagus. Sekitar 5 tahunan lebih ane menggunakan software daw FL, dan menemukan vst plugin untuk bass yang mantap bawaan Fl studio.  Sering ane gunakan untuk membuat bassline, baik itu lagu progressive house atau electro yaitu vst :

1. Harmor atau IL Harmor :

Suara bass ada didalam preset "Analog bass 1 dan analog bass 2'. Suara bassnya sangat mantap, clear dan tebel, tapi kalu tidak di setting bisa ngalahin suara instrument lainnya. Jadi seperti ketiban sama suara bass analog harmor. Cara mengecilkan suaranya bisa dari volume channel harmor atau di set dulu ke mixer Fl, kemudian turunkan fade level ke bawah, jika menurut ente terlalu besar.

Pengalaman ane ketika menggunakan Harmor vst yang ada di Fl studio sering kali harus setting ulang untuk desain sound agar tepat dengan karakter lagu yang ane remix. Contoh salah satu lagu yang ane remix, dan bassline memakai vst harmor yang mantap di bawah ini :



Tapi  harmor vst setahu ane hanya terdapat pada Fl studio 9 - versi terakhir. Di dalam Fl studio versi 8 tidak ada, mungkin peningkatan dari vst Harmless. Salah satu cara setting sound untuk desain sendiri adalah dengan mengatur frequency dan pluck setting. Lihat gambar di bawah :

Vst bass mantap yang ada di Fl studio

Atur sampai ketemu sound yang tepat dengan karakter lagu yang sedang kita kerjakan, ntah itu remix atau membuat lagu original. Cara setting suaranya cukup klik dan geser ke kanan / ke kiri untuk frequence modulation. Dan untuk setting pluck, ke atas dan kebawah ( ke bawah frequency low dan ke atas frequency tinggi / hight ). Bass mantap di harmor menurut ane cocok dengan genre lagu apa saja asal bisa mengatur karakter suarannya. Kenapa tidak gunakan suara apa adanya ?

Boleh saja menggunakan suara preset bawaan "analog bass 1, tapi dalam membuat lagu kan kita di usahakan punya karakter sound sendiri. Jadi perlu untuk desain sound, agar lebih pefect hasil lagunya. Namun itu ya terserah ente saja. Itu kalau ane pribadi ya ? Lebih suka setting ulang suaranya biar puas dan susah di tebak pake suara vst apa ya..hehe

2. Vst lainnya bawaan Fl untuk bass yang mantap adalah GMS :

Bass preset yang di sediakan vst GMS sangat banyak cocok untuk banyak genre lagu, terutama untuk membuat electro house. Ane pikir banyak yang cocok suara bassnya. Tapi sayangnya keluaran suaranya agak pelan jadi harus di naikkan lagi gainnya.

Bass bagus di Gms plugin bawaan Fruity loop

Kadang ane juga sering menggunakan vst GMS untuk bassline dan instrumen lainnya, tapi tetep ane pilih yang cocok sama selera, dan karakter lagu target. Selain preset sound bass, yang lainnya juga banyak dan bagus-bagus, ente bisa lihat di gambar di atas sangat lengkap. Ada lead, pads, synths, effect dan lain-lain. Tinggal pilih yang paling enak.

Itulah 2 vst plugin untuk bass yang mantap yang ada di Fl studio versi 9 ke atas, jika di dalam software ente tidak ada gms, kemungkinan fl studio versi crack. Punya ane fl original versi signature bundle jadi vst Gms ada dan lengkap dengan presetnya. Silahkan ente coba dan tes, semoga lagu ente tambah bagus. Baca juga postingan :  Vst trilian bass yang mantap.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 19.15

0 comments:

Posting Komentar

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.