Home » , » Lagu untuk versi radio edit gimana cara buatnya?

Lagu untuk versi radio edit gimana cara buatnya?

Di setiap album pasti kita sering menemukan jenis lagu yang bertuliskan radio edit version. Tahukah apa tujuannya ? seperti yang pernah Ane bahas pada bahasan Versi lagu dj dan cara penulisannya bahwa tujuan dari dibuat ke versi radio edit agar lebih mudah didengarkan orang. Juga biasa diputar di radio - radio. Ciri dari versi radio edit pada lagu dj adalah biasanya pada bagian Intro dibuang, dan juga pada bagian Autro.

Karena kebanyakan hanya berisi beat kosong / instrumen biasa agar mudah saat di mix. Jadi saat di play langsung ke inti lagu tersebut ( reff - biasanya ). Jadi bagaimana cara buat lagu versi radio edit ?

gimana cara buat lagu versi radio edit

Cara Pertama : Dengan mengedit dari lagu full version yang sudah jadi, menggunakan software Daw yang kita gunakan untuk membuat lagu tersebut, atau menggunakan aplikasi audio editing lainnya. Seperti Nero wav editor, adobe aution, Audacity dan lainnya. Caranya mudah yaitu cukup buang bagian intro lagu biasanya pada durasi 30 - 1 menit. Nah yang diambil adalah pada bagian reff lagu / inti dari lagu tersebut. Juga pada bagian autro lagu yang tidak penting, misalnya pada bagian lagu yang isinya hanya beat kosong.

Contoh lagu versi radio edit :


Bagian belakang lagu bisa di cut / buang atau dibuat fade out seperti lagu Ane diatas. Bagian awal setelah di buang bisa juga dibuat Fade in agar enak masuknya lagu saat di play. Jadi inti dari versi lagu radio edit ini, ketika orang mendengarkan lagu kita tidak harus menunggu suara bagian intro yang biasanya kurang enak, lebih simplenya begitu diputar lagu langsung ke Reff. Cocoknya lagu versi radio edit hanya untuk didengarkan saja, saat lagi nyantai ( misalnya didalam smartphone). Atau untuk teman - teman kita yang hanya sebagai penikmat lagu dj.

Cara kedua untuk buat versi lagu radio edit : Yaitu langsung dari dalam project dengan cara save as ke project baru, beri nama radio edit agar tidak merusak project full lagu ( extended or original ). Cara ini lebih mudah dibandingkan cara pertama karena dari dalam project kita akan lebih gampang menghapus bagian - bagian lagu yang kurang penting untuk versi radio edit. Hapus bagian intro dan autro lagu. Seberapa bagian yang harus dibuang tergantung kita karena yang tahu persisnya lagu itu ya pastinya yang buat. Dan jangan lupa judul lagunya juga dirubah, tambahkan belakang judul - radio edit.

Ok, itulah 2 cara buat lagu versi radio edit yang bisa Ane share, dan saran Ane sih kalau Ente buat lagu dj lebih baik minimal buat 2 versi : Original mix dan radio edit. Yang original mix atau extended digunakan untuk dimixing dan radio edit buat teman -teman yang minta, mungkin juga tetangga..hehe..Atau juga untuk promo ke youtube video, soundcloud dan lainnya. Semoga bermanfaat.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 02.09

4 comments:

  1. Balasan
    1. iya..sory ada eror contohnya lum di up lagi di soundcloud

      Hapus
  2. Mungkin perlu ditambahkan versi radio edit adalah versi dimana bagian lirik yg tdk layak utk konsumsi public diganti dg lirik yg lbh layak. Spt mngganti kata f*ck, b*tch, dll...

    BalasHapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.