Home » , » Upload lagu di Reverbnation untuk promosi

Upload lagu di Reverbnation untuk promosi

Sesudah membuat lagu tentu ada proses lainnya yang harus kita lakukan agar lagu kita dikenal orang banyak dan sering didengar, yaitu melakukan promosi dengan cara upload lagu di reverbnation. Site ini gratis jika kita join untuk upload lagu, tapi ada juga berbayar tergantung fitur apa aja yang ingin kita dapatkan. Untuk promosi lewat upload lagu di Reverbnation lebih baik gunakan dulu account gratis seperti yang Ane lakukan. Selain promosi lagu lewat soundcloud.com juga lewat upload lagu di reverbnation.

Disini banyak berkumpul para musisi semua aliran musik, member sangat banyak dan tentunya sangat cocok untuk promosi. Juga disediakan tool seperti widget yang ada disebelah kanan punya Ane yaitu reverbnation player. Termasuk service lainnya yang membantu para musisi agar lagu -lagu bisa dikenal banyak orang, dan juga bisa dijual langsung di situ.

Upload lagu di Reverbnation untuk promosi

Cara uploadnya juga gampang di reverbnation yang penting kita paham ketentuan reverbnation agar bisa upload lagu. Syarat agar bisa upload lagu di reverbnation account gratis adalah :

1. File mp3 besarnya tidak boleh lebih dari 8mb, jika lebih dari 8mb maka ada biaya tambahan.

Tidak perlu bingung mengatur file size ini, mengatasinya bisa convert mp3 lagu ke standar streaming misal ke 128kbps, atau yang diupload versi radio edit saja sebab total file size biasanya akan kecil. Juga durasi lagunya pendek. Saran ane set ke file mp3 320 kbps / 44khz, tapi usahakan jangan di upload full lagu agar bisa diupload, terkecuali lagu Ente durasi pendek. Untuk lagu - lagu band pop tentu tidak masalah biasanya karena pendek durasinya.

Baca cara convert lagu kualitas dj dengan software gratis, tapi set ke standar saja jika lagu Ente durasi 4 - 6 menit.

2. Frequence lagu minimal harus 44.1 khz, dibawah itu akan ditolak.

Cara melihat berapa frequence lagu bisa diputar di winamp media player, lihat dibagian label khz karena tertera disitu. Atau kalau binggung di convert lagi saja menggunakan software converter seperti yang telah Ane bahas sebelumnya, silahkan baca saja, link article ada diatas.

Bagaimana cara upload di reverbnation.com ?

Pertama yang jelas Ente harus daftar gratis dulu untuk punya account, disini join for free Reverbnation selanjutnya login dan persiapkan lagunya. Setelah login klik menu Dashboard, lihat di sebelah kanan ada tombol "Add song".

cara Upload lagu di reverbnation

Klik browse dan pilih tempat Ente simpan lagu yang akan di upload di Reverbnation. Pada kolom Song name: isi nama artist - judul lagu. Dibagian availabity plih streaming only ( jika ingin dijual - sell song for ) buang centangan sell song for jika tidak, dan download and streaming jika ingin di share secara gratis untuk banyak orang. Jangan lupa centang " I have the right / permissions to use this song", klik continue dan tunggu sampai proses upload lagu di reverbnation selesai.

Bisakah diberi lirik lagu ?

Bisa. Setelah proses upload selesai kita akan dibawa ke halaman songs ( list lagu ), atau klik menu Content kemudian pilih song. Nah, pada lagu yang akan di kasih lirik, lihat disebelah kanan ada icon pensil. Klik dan lihat dibagian label Lyrics, isi lirik lagu Ente disitu, jangan lupa save setelah selesai isi lirik lagu.

Tips dan pengaturan account Reverbnation:

1. Jika hanya untuk promosi agar bisa didownload orang banyak lebih baik upload versi radio edit, karena pendek durasinya dan tentu file lebih kecil.

2. Hubungkan / sync account reverbnation ke sosial media yang kita punya, misalnya ke facebook, twitter, facebook page, youtube. istagram. Ini akan mempermudah kita pada saat upload lagu di reverbnation karena otomatis akan terposting. Jadi lebih mudah untuk promosi tanpa posting manual. Cara mengaturnya klik menu di sebelah kanan ( gambar pic profile) - pilih account, kemudian klik social sync. Contoh punya Ane dibawah :

pengaturan account Reverbnation

Nah silahkan sync to facebook dan lainnya aktifkan fitur - fitur seperti pada gambar diatas dengan ini sekali lagi promosi ke social network akan lebih mudah. Manfaatkan juga fitur - fitur di menu promote.

3. Jika punya buget untuk untuk promosi dan jual lagu melalui reverbnation premium service lebih baik aktifkan fitur ini. Salah satu kelebihannya adalah reverbnation bisa menjadi penyalur lagu kita agar bisa dijual ke Itune, spotify dan 40 store lainnya. Klik menu premium service untuk melihat detail pada bagian pengaturan account. Tapi pastikan dulu bahwa lagu yang untuk dijual adalah versi final release, artinya sudah siap baik pada mixing maupun mastering agar tidak ditolak.

4. Pasang widget and Apps Ente di facebook page atau website, blog profile, seperti punya Ane disamping. Pengaturan akan membuat orang lebih mudah mendengar lagu Ente melalui widget player yang di pasang di blog, site, facebook page yang Ente punya. Klik menu tool - widget and Apps, untuk pengaturan dan code player reverbnation.

Kesimpulannya :
Ok sob..Itulah tips tentang upload lagu di reverbnation.com untuk promosi karena salah satu penunjang lagu kita agar lebih banyak diketahui orang dan dengar adalah melalui promosi. Manfaatkan site reverbnation dan juga yang lainnya. Semoga bermanfaat.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 04.41

6 comments:

  1. Dengerin Minimix ane sob

    http://youtu.be/BGJ-MFFG68g

    TOLONG DI COMMENT YA !

    BalasHapus
  2. makasih banyak buat infonya,, nice artikel

    http://goo.gl/4lKCNU

    BalasHapus
  3. lagu temen ane nih

    https://youtu.be/xL5xJP1PwII

    https://soundcloud.com/user-257582801/andi-hrd-kau-membuatku-berjanji

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. file di convert dulu pake software conveter ke mp3

      Hapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.