Home » , » Fl studio 12.1.2 yang baru, lebih bagus. Apa saja perbaikannya ?

Fl studio 12.1.2 yang baru, lebih bagus. Apa saja perbaikannya ?

Setelah 1 bulan lebih Ane tidak sentuh lagi Fl studio untuk melanjutkan project lagu yang belum selesai, kemarin iseng - iseng buka lagi projek lama di Fl versi 11.1.1 ( final ). Mata Ane tertuju di pojok kanan di bagian news yang tertera " Fl studio 12.1 Release". Karena rasa penasaran untuk tahu apa saja sih yang baru, apa lebih bagus dan apa sudah di perbaiki ? Langsung saja meluncur ke site image-line untuk download Fl studio 12.1.2 yang baru.

Nah setelah Ane install ternyata ada beberapa perbaikan yang dilakukan oleh image-line pada versi ini, yang menurut Ane mereka telah menjawab keluhan dari user. Tentang kurang nyamannya memakai Fl studio 12, terutama pada pengaturan Vst plugin database. Termasuk Ane, meski telah install versi 12 sebelumnya tapi masih menggunakan versi 11. Maklum masih berasa canggung juga banyak project belum kelar, yang di kerjakan dengan Fl versi 11.

Setelah Ane pelajari ada perbaikan dan penambahan fitur pada Fl studio versi 12.1.2 yang cukup menarik.

Di antara perbaikan dan penambahan fitur baru Fl studio 12.1.2 adalah :


1. Untuk setting ke mixer, kini lebih mudah karena bisa dilakukan dari sebelah kiri channel.

Jadi cukup klik dan pilih akan di atur ke insert mixer sesuai nomor yang di inginkan. Cukup mudah bukan ? Seperti ini :

Fl studio 12.1.2 yang baru, lebih bagus

Di bandingkan dengan versi sebelumnya ini sangat mempercepat proses link channel ke mixer. Tapi yang tetap harus rename agar tidak lupa nama channel yang di link ke mixer.

2. Perbaikan pada pengaturan plugin yang di install

Bagian ini kembali sama dengan Fl 11 dan sebelumnya. Yaitu fitur more plugin di adakan kembali ( pada versi 12 sebelumnya tidak ada ), dan justru lebih lengkap sekarang, karena ada option fl studio plugin manager.

Yang mana di option plugin manager ini kita dengan mudah menambah path folder tempat install plugin. Jadi tidak seperti versi sebelumnya yang hanya terpusat pada folder vst plugin yang terinstall di program files.

pengaturan Plugin manager fl 12.1

Untuk masuk ke option ini cukup klik tanda + di bawah daftar channel - more plugin, kemudian lihat kebawah dan klik manage plugin. Nah dari sini cukup centang saja jika kita install plugin baru agar muncul di list channel plugin.

3. Step squencing otomatis masuk ke piano roll

Jadi pada saat kita membuat step squencing ( ngebatik ) di pattern channel, maka otomatis step tersebut muncul juga di piano roll. Berbeda dengan versi sebelumnya dimana harus send to piano roll terlebih dahulu. Tapi ini khusus untuk instrumen drum kit ( kick, snare dan lainnya ).

4. Gratis 4 drum kit dengan kualitas suara HQ.

Untuk melihatnya cukup buka channel FPC, yang mana di tawarkan juga drum loop dengan berbagai genre lagu lainnya, yang bisa kita gunakan.

5. Gratis instrumen pack stein way grand piano hq

Nah bagi kualitas yang butuh suara piano yang terdengar real tidak perlu repot lagi sekarang. Pada fl studio 12.1.2, di berikan gratis untuk user.

6. Di versi ini telah di buat asio sound sendiri, yaitu " Fl studio asio.

Ini yang sangat membuat ane senang karena dengan adanya Fl studio asio ini kita akan lebih mudah dalam mengatur audio - Input dan ouput. Terutama untuk yang suka rekam vocal di Fl studio, penambahan fitur ini sangat membantu sekali. Jadi tidak harus ribet mengunakan assio4all untuk aktifkan input mic. Tampilannya seperti gambar dibawah ( untuk memunculkannya set audionya ke fl studio asio - show asio panel.

Pengaturan Fl studio asio versi 12.1

Juga Fl studio asio ini bisa untuk mengatasi suara - suara yang berat dari vst plugin yang kadang bunyinya mberebet / tersendat sendat.

Apa saja yang baru dari Fl 12.1.2 ini kalian bisa lihat semuanya di video ini, kupasannya. 



Atau download langsung fl 12 versi barunya di sini. agar tahu lebih detail. Pokoknya lebih ajip deh dibandingkan versi sebelumnya.

Kesimpulannya :

Untuk kalian yang belum upgrade ke versi 12 yang baru, segeralah download, mengingat adanya perbaikan dan peningkatan fitur. Menurut Ane lebih bagus dan performa software lebih stabil, jadi jangan ragu menggunakannya. Ane sudah mencoba beberapa hari, dan nyaman. Jadi nambah semangat lagi otak atik Fl studio untuk nerusin project lagu yang belum selesai. Jadi Fl studio 12.1.2 lebih bagus menurut Ane. Silahkan coba.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 23.24

6 comments:

  1. Mas hendry, kalo beli fl studio versi 11 ataupun yang lebih lawas ketika di upgrade apa harus ngerogoh kocek lagi atau seperti 'beli produk baru'?

    Best regards.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo beli asli lifetime update..ada yg baru tinggal download masternya dan licence fl studio di account..

      Hapus
  2. bang Hendry AL, kkok jadi ribet banget ya kalo load Vsti di FL 12, sdh di instal tapi ngga ke baca,,, trus ngga ada opsi load vstinya :(

    BalasHapus
  3. Mas hendry, jack headphone cable untuk djm itu jenisnya yang mana ya? Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beli sambungin jack sambunganya..bilang aja beli jack sambungin dari headphone ke mixer.. biasanya kalo beli headphone dikasih juga.. pendek.seukuran jari kelingking..

      Hapus
  4. Terima Kasih Mas DJ Hendry Al , Tips nya sangat membantu !!

    BalasHapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.