Home » , , » Fl 12 : Cara merekam vocal atau suara, membuat sampling unik sendiri

Fl 12 : Cara merekam vocal atau suara, membuat sampling unik sendiri

Cara merekam vocal atau suara di Fl studio 12 lebih mudah, jika dibandingkan dengan rekaman di versi 11. Ini kemarin ane tes setelah update ke versi terbaru yaitu Fl 12.1.2, yang belum lama keluar. Kenapa lebih mudah ? Pada versi terbaru telah tersedia pengaturan sound untuk In dan out, yaitu dengan adanya Fl studio asio.

Nah, buat Ente yang ingin bikin suara - suara unik sendiri untuk dijadikan sampling dalam membuat lagu atau remix di Fl studio, bisa di dapat dengan cara merekam sendiri.

Cara merekam vocal di Fl studio 12.1.2, ini langkah - langkahnya :


Pengaturan sound :

1. Atur terlebih sound setting ke Fl studio asio. Klik menu option - audio setting. Rubah ke Fl studio asio. Lihat gambar di bawah.

Fl 12 : Cara merekam vocal atau suara

2. Klik show asio pannel untuk mengatur Input dan output suara. Maksud Input adalah untuk mengambil suara dari luar, misalnya mikrofon. Output untuk monitor suara ke speaker ( plih default atau sesuaikan dengan sound card ).

Pada Input isi dengan device mic yang ada di dalam Pc atau laptop. Sebagai contoh untuk input lihat gambar dibawah.

Pengaturan asio fl 12 untuk rekaman

Ane diatas memakai mic yang ada pada webcame karena memang belum di pasang mic external dari soundcard analog in audiofire2. Silahkan gunakan microfon yang Ente punya. Untuk pilihan buffer size biarkan saja 512 ( nilai buffer ini untuk menghindari delay pada output dan input suara ). Untuk rekaman sangat di sarankan, agar bisa mengatasi suara telat terekam.


3. Nah setelah pengaturan sound Input dan output, selanjutnya adalah mengaktifkan Input di mixer Fl studio. Perhatikan sebelah kanan mixer ada tulisan IN..

Pengaturan Input mic di Fl studio 12.1
Pengaktifan mic input

Pilih salah apakah ingin merekam ke stereo atau mono. Saran Ane kalau vocal lebih baik rekam ke mono ( in 1 atau 2 ) Fl studio asio mono. Gambar di atas adalah tes sinyal pada insert 1 ( mic hd webcame ), dimana pengaturan recording input sudah benar. Jadi sinyal suara dari mikrofon terlihat di mixer, dan artinya kita sudah bisa merekam suara atau vocal secara langsung dari mixer.

Jadi cara aktifkan mic cukup klik dibagian In dan pilih nama device.Tiap komputer akan berbeda tergantung mic atau soundcard yang digunakan.

Informasi tentang usb mikrofon baca article -- mic usb untuk rekaman di sini.

Proses untuk merekam vocal atau suara di Fl studio 12.1

Proses merekam yaitu dengan menggunakan edison vst plugin bawaan Fl studio, seperti yang pernah ane bahas di postingan merekam vocal di fl studio 10. Bedanya di fl 12 lebih mudah untuk pengaturan In dan outnya karena ada Fl studio ASIO.

Ada 2 jenis merekam yaitu : "into edison audio editor / recorder ( data muncul di edison ), dan into playlist as audio clip ( data akan muncul di playlist ). Pilihan 2 jenis merekam ini dapat lihat jika klik icon Mic di pojok kanan Fl 12 " on click recording"

Lebih jelasnya lihat gambar ini, dari official Image-line :

Alur proses merekam di Fl studio 12
Proses alur merekam di Fl studio 12.1 melalui Edison Vst plugin.
Langkahnya begini : Cara merekam vocal atau suara lainnya di Fl studio 12 :

1. Buka mixer, kemudian pilih salah satu slot mixer. Misalnya di insert 4

2. Klik In sebelah kanan seperti pada gambar diatas, kemudian insert Edison dari daftar plugin Effect. Ini artinya akan merekam suara yang masuk ( In ) di mixer insert 4.

3. Mulai merekam : Klik edison kemudian tekan tombol record, lihat gambar dibawah. Dan silahkan Ente cuap - cuap. Misalnya mau bikin vocal "Kita goyang lagi bro.., Let's go, Capek deh.." hehe dan lainnya.

Cara merekam vocal di Fl studio 12.1

4. Jika sudah selesai klik lagi tombol Rec untuk mengakhiri proses merekam vocal di Fl 12. Contoh di atas memang gainnya keci, tapi gampang nanti bisa di normalize dari edison langung.

Nah selanjutnya di edison nanti datanya bisa di olah lagi atau drag ke playlist agar bisa di tambahin plugin effect, seperti plugin nectar untuk vocal. Reverb, delay dan lainnya agar hasil rekaman vocal menjadi bagus.

Usahakan hasil rekaman tidak terdengar mentah, jadi datanya lebih baik di edit lagi di edison atau program lain.

Atau.. Pada saat merekam bisa langsung di beri Effect di slot efect. Bebas misalnya di kasih Vst plugin nectar, Plugin trident A buat vocal, dan lainnya.

Ok sob..Jadi begitulah cara merekam vocal atau suara lain di Fl studio 12.1.2. Silahkan Ente coba, karena dengan cara merekam sendiri ini akan lebih banyak punya bahan untuk membuat lagu atau remix. Dan tidak selalu harus bergantung pada samples. Jika ada trouble noise, baca disini tip mengatasi noise. Jangan lupa share article ini ya..

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 00.14

22 comments:

  1. Bro, gw take vokal pke fl studio 12, pke edison jg, efeknya gw pke soundgoodizon & fruity band complier(complier apa compresor lupa gw) gw pke preset vocal, tp kok suara gw nadanya jd goyang ya? apa gr" kagak pke mic?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah dicoba polos dulu tanpa dikasih effect..? Mungkin suara jd goyang karena pengaruh Fx pada saat recording..Atau bisa jg pengaruh soundcard

      Hapus
    2. bro..udah dicoba kayak yg udah dijelaskan di atas,tapi kox ada suara angin angin nya kayak radio :D belum ngerti..tolong dijelaskan bro..thanks

      Hapus
    3. Baca postingan " tips mengatasi noise saat rekaman ", klik linknya aja di bagian bawah article ini..pas tulisan jika ada trouble noise baca di sini..

      Hapus
  2. Kalo buat track pertama udah direcord, nah kita mau lanjut track kedua, supaya record track kedua biar ada patokan dr track pertama gmna gan? Tp yang track pertama jgn kerekam lg pada track selanjutnya jd pas rekam track kedua itu kita aktifin track 1 buat patokan maen di track 2 gan, pencerahannya yah thnx

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau mau seperti itu ngakalinnya.. rubah sound setting ke headphone misalnya ke out 3/4 ( playback ).. patokan track dengar dari headphone.. jadi suara track pertama gk kerekam kalau pake microfon.. tapi sebelumnya hasil record pertama letakkan di playlis, trus play song mode

      Hapus
  3. nanya bro, kalo aku record satu instrument vst kemudian rekam lagi di channel selanjutnya kok pasti hasil akhirnya ada yang delay ya temponya. gimana mengatasinya, speck core I5-8Gb ram.
    thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Matikan option plugin delay compensation -- automatic ( buang centangannya ). Jika muncul nilai delay di bagian bawah sebelah kanan mixer tiap slot, set ke none

      Hapus
  4. Gan ko ane udah setting kayak diatas ko ada suara melengking ya trus suara klik kan dari mouse nya juga kedengeran jadinya ane susah buat rekaman soalnya ketutupan sama suara melengking itu

    Mohon jawab gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu feedback dari peralatan skitar.. misalnya speaker.. coba geser agak jauhan

      Hapus
  5. mas knp setiap rekam vocal di insert 1 ko langsung masuk /nyatu ke master?(enable send from insert1 to master udh saya hilangkan) sementara saya mo kecil/besarin volume di insert 1 ko gak bisa ya?mohon penjelasannya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin pengaruh souncardnya itu sob.. harusnya kalo microfon ( In ) punya out sendiri yang bisa di atur. Langkah no 3 dah benar ?

      Hapus
  6. Gan ane udh nyomot lagu karoeke kenapa suara speaker atau dari headphonenya juga ngikut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk ouputnya ke headphone aja jadi gk ikut kerekam

      Hapus
  7. Om bos dj hendry all thx buat postingannya ini sgt bermanfaat bagi pemula seperti saya smg ente sehat dan berkarya terus.

    BalasHapus
  8. mas hendri saya mo tanya lagi nih.. setiap saya take vocal kan tinggal tekan tombol record dimenu atas tuh, trus keluar pilihan mau pake edison apa lgsung ke playlist.. tapi ko sekarang gak bisa ya? apa ada pengaturan yg ke ubah trus saya gak ngerti cara setting default nya lagi.. sebelumnya makasih banyak mas.. postingnya bermanfaat banget...

    BalasHapus
  9. Gan klo g pake soundcat bisa recording vocal ga yah thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake yg onboard bawaan pc or laptop juga bisa asal ada lubang mic warna pink biasanya.. cuma hasilnya kurang bagus

      Hapus
  10. Agak njlimet juga. Lebih mudah pake nuendo.

    BalasHapus
  11. Mas, mau nanya settingan untuk USB sound card (murahan) gmn ya? Aku gak bisa record dan gak bisa dengerin juga suara dr FL nya

    BalasHapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.