Home » , » 3 Plugin dan bahan untuk bikin lagu Edm di Fl studio 12

3 Plugin dan bahan untuk bikin lagu Edm di Fl studio 12

Halo sob... Lama Ane nggak update postingan blog ini. Baru sekarang dapat ide nulis lagi.. Tentang info plugin buat bikin lagu Edm dan juga bahan lainya. Info ini buat yang belum tahu saja.

Selain menggunakan hardware syntheizer, Vst plugin baik Instrument atau Fx, merupakan bahan para musik producer atau remixer untuk membuat lagu. Dan karena sangat banyaknya vst plugin seperti yang pernah Ane share disini kumpulan vst, itu kadang membuat kita bingung sendiri. Harus gunakan plugin yang mana untuk bikin lagu edm ? Buat pemula tentu ini bisa jadi masalah.

Karena tidak semua plugin menyediakan sound - sound khusus style edm yang sekarang masih top dimainkan para dj.

Memang sih pada dasarnya sih semua plugin Instrumen bisa digunakan untuk membuat genre lagu apapun asal sound bank yang disediakan cocok. Atau desain sound sendiri menggunakan Vst plugin bawaan software Fl studio. Dengan Harmor Vst misalnya. Yang mana bisa desain bass agar mantap sendiri dengan mudah.

Tapi agar lebih mudah Ane punya info buat teman - teman yang bingung memilih vst plugin yang tepat untuk membuat lagu edm, baik yang hard ( electro ) atau soft ( progressive house ) di Fl studio.

3 Plugin untuk bikin lagu Edm di Fl studio :

1. Plugin Massive with sound bank edm

Selain mudah dalam desain sound sendiri memakai preset default, massive menyediakan banyak sekali preset dengan banyak genre. Salah satu nama paches untuk massive vst adalah : Top Artist EDM Masive Patches. Lengkapnya cek disini.

3 Plugin untuk bikin lagu Edm di Fl studio

Juga Massive EDM Super Pack. Cocok untuk Edm style progressive House, electro, dan lainnya. Kalian bisa temukan preset yang gratis untuk massive via google, kata kunci " Free presset massive for edm, atau massive presset for Edm.

Hasil sound tebal dan padat, cocok untuk lagu lagu edm yang punya ciri khas suara yang sangat loud dan tebal.

2. Sylenth1

Plugin ini sudah tidak asing lagi bagi para musik Producer dunia dan remixer di Indonesia, rata - rata untuk membuat lagu memakai sylenth1. Termasuk Ane sendiri juga sering pake sylenth, karena selain suara yang tebal juga mudah desain sendiri. Meskipun kapasitas file kecil, hanya kisaran 8mb, tapi fiturnya cukup lengkap.

3 Plugin dan bahan untuk bikin lagu Edm di Fl studio

Nama soundbank Edm untuk sylenth sangat banyak sekali di internet yang telah dibuat.

Kalian bisa menemukannya lewat google dengan kata kunci" free soundbank EDM for sylenth1. Salah satu yang Ane pake adalah soundbank - Essential Edm.

Jika ingin tahu versi Vst sylenth1 dengan soundbank lengkap didalamnya, silahkan klik disini. Ane pernah posting.

3. Refx Nexus 2

Kalau Nexus sih tidak perlu diragukan lagi. Plugin Nexus ini multi fungsi bisa untuk buat lagu apa saja, karena presset sangat banyak didalamnya. Hasil suaranya ajip gila. Kalian tinggal pilih saja yang cocok. Expansion tambahan juga selalu update menyesuaikan perkembangan musik.

Baca postingan : Apa kelebihan Refx nexus, agar lebih jelas.

Nah dari 3 plugin untuk bikin lagu edm diatas, yang paling penting adalah sound bank-nya. Rata - rata suara - suara didalam soundbank sudah disesuaikan dengan karakter lagu. Jadi tinggal gunakan presetnya agar tidak pusing dengan masalah suara yang tidak tepat pada saat aransemen.

Sebab dalam membuat lagu jika salah sound bisa mengakibatkan hasil lagu kehilangan karakternya.

Sebagai contoh, maksudnya ingin membuat edm yang hard electro boom, tapi karena salah memilih bass, kick, hasil lagu terdengar seperti house. Kurang greget...

Lalu apa bahan lainnya untuk membuat lagu EDM ? 

Selain Vst plugin tentunya kita butuh bahan lainnya yaitu, samples khusus edm agar tidak susah cari drum kit yang tepat. Suara - suara voice, Fx, Fill dan lainnya, ini sangat dibutuhkan.

Nah untuk reference beli atau download gratis, ini Ane kasih beberapa nama samples yang bagus untuk membuat lagu EDM di Fl studio, baik yang hard maupun yang style soft.

3 Nama samples untuk bahan membuat lagu Edm :

1. Sound to sample : Ultra Edm drops
2. Loopmasters : Edm power pack all volume
3. Producer loops : Abstract EDM Drop ( ini bahan - bahan samples yang dipake Ozcan, Martin garrix dan artis lainnya )

3 samples diatas lengkap dengan drum loops, single sound, one shout, Fx, voice, dan lainnya. Pokoknya kalau Ente punya sudah enak deh buat bikin lagu edm.


Nama samples untuk Edm lainnya silahkan cek di loopmasters.com atau via mbah google. Dapatkan juga free samples dengan menjadi subscriber di sini, cukup masukkan email adress. Ente akan dapat gratis samples 1Gb. Lumayan kan buat tambah koleksi ?

Jadi kesimpulannya, Kalau kita ingin lebih mudah dalam membuat lagu - lagu Edm selain skill tentang musik, juga butuh senjata plugin yang tepat. Serta samples yang sudah di set karakter suaranya, seperti 3 plugin diatas, juga bahan khusus untuk edm yang berupa loop samples.

Silahkan dapatkan semuanya entah beli langsung ke site ( mumpung lagi pada discount akhir tahun mencapai 50% ) atau cari link download plugin atau samples yang gratis.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 05.36

24 comments:

  1. Plugin massive udah saya install tapi belum tau cara patch ke plugin FL Studio, ada solusi nggak nih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baca postingan " cara masukin plugin baru di Fl 12 "
      Gunakan box google di blog ini untuk search postingannya

      Hapus
  2. Mas, nama effect yang sering digunakan martin g pas konser itu namanya apa ya mas? yg tiba" lagunya mati gtu, kyk break

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pake fx grossbeat di Fl studio mungkin bisa..

      Hapus
    2. owhh itu di filter in,biasanya di mixer nya itu lho,untuk di alat dj nya ada kok,kalo di virtual dj juga ada di mixernya cari yang filternya trus di turunin

      Hapus
  3. Bang maaf nih oot. Mau tanya, kenapa banyak lagu edm yang ada vocalnya, nama si vocalist itu ga di creditkan di info lagu tersebut? Contohnya kaya Waiting For Love nya Avicii dan If It Wasn't For You nya Alesso. Makasih bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dimana lihatnya ? Kalo lihat di data dj biasanya agar tidak didownload temannya atau orang lain agar tidak kesaing karna lagu.. Jika di souncloud mungkin untuk menghindari copy right agar bisa upload atau tidak dibanned

      Hapus
    2. Di beatport juga ga dicantumin nama si vocalistnya ko bang

      Hapus
  4. Bang bikin tutor fl studio 12 dong bang.. Ane tggu ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama aja dengan versi sebelumnya.. beda fiturnya aja..fungsinya sama..

      Hapus
  5. Link Download VST nya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih banyak bro.. menurut saya, laman ini yang paling nyaman buat kami dan selalu update dengan keinginan he he he

      Hapus
  6. cara ngedownloadnya gimana ya?

    BalasHapus
  7. kasih link buat downloadnya dong kk

    BalasHapus
  8. saya baru kenal ini aplikasi,kok rumit keknya ya.banyak tombol.sebelumnya saya bukan seorang studio record jd gk ngerti mslah lagi,baru ini coba" intal aplikasi beginian ,mohon bantuan bimbinganya.apa yang diperlukan untuk seorang yang sangat2 pemula sprti saya gan,makasih

    BalasHapus
  9. apa harus mendownload semua min ??

    BalasHapus
  10. Bang Kalo Ultra EDM Drops Downloadnya dimana Apa harus beli?

    BalasHapus
  11. Bang kek suara mesin di chainsmokers - bloodstream itu snare bukan? punya mentahannya ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gk punya mentahannya.. coba cari aja sounbank the chainsmoker kalo ada. Kalo gk dapat berarti itu sound design mereka sendiri. dengan cara otak atik setingan plugin

      Hapus
  12. bang, kenapa fl studio 12 saya gk bisa dipake, kyk corrupt gitu bang, solusinya apa yahh, ane pke fl studio 12.4.2

    BalasHapus
    Balasan
    1. masternya itu biasanya yang masalah.. download lagi master fl studio n install ulang

      Hapus
  13. kurang 1 : Vengeance Sample Pack. Banyak DJ - DJ kya martin garrix pas waktu dia bahas animal di bagian intro, dia pke sample Vengeance.

    BalasHapus
  14. http://zipansion.com/2oga5

    ada juga di link diatas yang mau download

    BalasHapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.