Home » , » Fl 12 : Cara Atur suara jadi mono dan stereo

Fl 12 : Cara Atur suara jadi mono dan stereo

Untuk menghasilkan suara lagu yang benar - benar balance saat mixing di Fl studio 12, kita perlu atur suara mono dan stereo. Ini juga untuk menghindari instrument menumpuk ditengah, sehingga terdengar seperti menggulung. Atau bisa dibilang lagu jadi kurang lebar ( terdengar mendem ).

Ada cara yang mudah untuk atur suara channel instrument di Fl studio 12 agar jadi mono, yaitu melalui Mixer. Cara ini tidak membutuhkan effect tambahan seperti plugin stereo tool.

Apa itu Mono ?

Sederhananya mono itu sinyal suara akan terdengar ditengah, bukan di kanan kiri. Kalau didengar lewat headphone akan terasa suaranya berada di atas kepala. Atau channel suara hanya ada satu.

Sedangkan stereo adalah suara akan terasa terdengar jelas di kanan dan kiri telinga kita ( penampakan ada 2 channel, seperti gambar dibawah ).

Ini penjelasan yang gampang, untuk lebih jelasnya silahkan cari infonya di google.

contoh grafik lagu mono dan stereo
Grafik Mono dan stereo channel

Ini cara atur mono lewat Mixer Fl studio 12 :

1. Tempatkan channel yang akan di set mono ke mixer. Misalnya vokal, kick,  atau yang menurut Ente harus di setting ke mono.

2. Klik dan tahan di area seperti pada gambar di bawah, ke arah kanan mentok. Dengarkan lewat headphone kalau ingin tahu lebih jelas bedanya.

Cara Atur suara jadi mono dan stereo

Jika ingin tetap jadi stereo tetap biarkan di tengah ( default ) posisi tombol itu.

3. Selesai. Mudah kan cara set channel jadi mono atau stereo ?

Kesimpulannya : Jadi untuk membuat channel suara jadi mono cukup seperti diatas. Sedangkan untuk stereo, tidak usah di apa apakan lagi jika channel sudah di set ke mixer. Baik untuk pengaturan suara kick atau bass bisa gunakan teknik mixing ini agar balance.

Silahkan di coba bagi kalian yang belum tahu cara set mono pada channel instrumen lagu yang sedang dibuat. Karena ini cukup penting dalam mixing suara agar balance, sehingga lagu hasilnya jadi bagus kualitas suaranya. Jika ingin menggunakan vst effect kita bisa menggunakan plugin stereo tool atau produk waves VEQ3 mono.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 05.38

3 comments:

  1. gan, cek lagunya ane dong. Di soundcloud :D Boleh ngga gan? biar ane bisa tau kurang lebihnya lagu ane.
    soundcloud .com/bil1tazy/my-style

    BalasHapus
  2. bang hendry ane masih baru belajar make fl 12.. yg ane ingin tanyakan pas play lagu/sample koq suarnya seperti ada echonya.. trus lama-lama makin rame tuh lagu ngulang mulu dari pertama.. soalnya tutorial fl 12 masih terbatas bang.. mohon masukannya.. trims sebelumnya bang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangna di pencet keyboardnya kalau pas di channel lagu.. play lagu itu playlist aja..biar gk ngulang.. kalau di channel biasa di piano roll..

      baca2 aja tutorial Fl 11, 10, 9, di blog ini...sama saja cuma beda tampilan aja.. cara penggunaan sama

      Hapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.