Home » , » Kenapa suara lagu terasa menumpuk di tengah

Kenapa suara lagu terasa menumpuk di tengah

Masalah lagu terasa menumpuk ditengah setelah di render ini dulu Ane alami waktu belum lama belajar buat lagu di Fl studio 9 dan belum paham soal mixing sound yang benar. Speaker masih abal-abal, headphone pake merk Samson harga 250rb, mixing sound channel yang penting suara kenceng. Wow hasilnya benar benar tidak memuaskan, karena sering kali Ane setelah selesai project terus di render, kemudian hasilnya Ane bandingkan dengan lagu luar.

Terasa banget lagu Ane soundnya numpuk di tengah, atau bisa dibilang kurang lebar. Akhirnya setelah Ane pelajari lagi masalah lagu terasa menumpuk ditengah suaranya, alasan kenapa bisa seperti itu menurut pengalaman adalah :

1. Kurang di paning di mixer atau channel level - kurang stereo

Maksud di Paning adalah diatur untuk keluaran kanan kiri suaranya baik dari channel level atau dari mixer FL studio. Cara mengatur paning ini cukup mudah bisa menggunakan headphone kualitas studi monitoring atau yang standar. Pada saat mengatur dengarkan dengan teliti lewat kuping sambil mengatur paning di channel level atau lewat mixer ( sebelumnya set dulu ke mixer ). Lihat gambar:


Dari gambar diatas kalian bisa mengatur paning pada channel yang ingin di set apakah harus ke kanan atau kiri ruang suaranya. Tergantung elemen apa yang dipaning biasanya. Kalau Ane pribadi biasanya untuk piano Ane set agak kekanan atau kiri. Kalau didengar lewat headphone terasa di seperti atas telinga hasil suaranya atau terdengar agak ke samping jidat. Nah setelah diatur rasakan bedanya, apakah masih numpuk ditengah ?

2. Sebelum di Render di master tidak di beri Plugin stereo Compressor.

Plugin untuk membuat lagu menjadi stereo sangat banyak contohnya Psp master comp,plugin effect yang lain seperti yang pernah Ane bahas di postingan plugin waves yang sering di gunakan musisi dunia untuk mastering, silahkan Ente baca dan download plugin stereo compresor.

Bisa juga menggunakan Vst plugin izoptop Ozone compressor, plugin ini sangat lengkap bisa digunakan secara terpisah, misalnya stereo image, compressor, equalizer dan lainnya. Tapi tetap agar lagu tidak menumpuk ditengah harus diatur paning kontrolnya, walaupun pake ozone agar hasil lagu lebih lebar.

Tapi tidak semua instrumen harus di paning ya, di analisa dulu apakah harus diatur paningnya atau tidak. Terutama untuk Kick, lebih baik biarkan saja posisi paning ditengah saja.

Ok itu saja yang dapat Ane share soal kenapa lagu terasa menumpuk ditengah setelah di render. Buat kalian yang punya masalah ini, tahu atau tidak tahu kalau hasil lagu Ente numpuk ditengah boleh di coba tips ini. Agar hasil mixing soundnya bagus. Karena biasanya yang hanya menggunakan speaker biasa atau headphone standar tidak tahu kalau hasil lagunya terasa numpuk ditengah. Ini karena Ane suka di mintai pendapat sama teman yang pake speaker biasa.

Hendryal
Hendry Al Updated at: 04.33

5 comments:

  1. gw banget nih =)) thanks bro artikel in bermanfaat banget ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 sob..silahkan di testing n lihat hasilnya

      Hapus
  2. Beruntung ada mas Hendry, gak pelit ilmu. Biasa nya kan orang pake prinsip 'kalau gak mau di saingi, jangan mengajari'

    BalasHapus
    Balasan
    1. Orang yg tak mau berbagi ilmu berarti orang yg ilmunya tak mau nambah...dalm musik limu boleh sama, tapi hasil pasti berbeda..yg penting hasilnya,..

      Hapus
  3. Yoi bener tu jadi ingat di awal2 dulu.. Udah di dengar bagus..pas dibandingin dengan lagu2 yang lain malah hancur lebur..

    BalasHapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.