Home » , » Fl studio 20 : Cara menambah playlist baru dalam 1 project

Fl studio 20 : Cara menambah playlist baru dalam 1 project

Sudah menggunakan Fl studio 20 belum ? Kalau belum buruan di upgrade biar tambah semangat membuat lagunya. Banyak fitur baru yang ada di FL studio 20 dan menurut Ane sangat membantu kita sebagai pengguna, salah satunya yang akan Ane bahas disini adalah adanya playlist tambahan dalam 1 project ( playlist arrangements ).  Dan juga cara menambah playlist baru tersebut.


Playlist digunakan untuk menyusun setiap instrumen yang sudah kita buat didalam channel rack / pattern.


Cara menambah playlist baru dalam 1 project


Apa sih menariknya dengan adanya playlist arrangement di fl 20  ?

Menariknya adalah kita dengan mudah bisa membuat susunan instrumen lagu yang telah kita buat dengan berbagai versi yang kita inginkan, tanpa merusak playlist yang pertama.

Misalnya : Arang1 adalah susunan playlist track untuk lagi original, Aran2 untuk versi remix/ extended, Arang3 versi radio edit / pendek.

Jadi hanya dengan klik tombol add one di menu playlist kita bisa ciptakan playlist kosong untuk kita atur ulang susunan track nya. Atau bisa juga dengan di clone playlist utama yang sudah jadi lalu kita hapus bagian track yang tidak ingin kita pakai. Fitur Add one playlist ini tidak ada di versi sebelumnya, hanya ada di versi 20.

Langkah menambah playlist baru dalam 1 project Fl studio 20 begini :


1. Klik di area seperti gambar di bawah, pilih Add one untuk menambah playlist kosong


Fl studio 20 : Cara menambah playlist baru dalam 1 project


2. Klik clone untuk copy playlist sebelumnya yang kemudian hasilnya nama playlist berubah ( ada tanda _2 ) lalu kita ubah susunannya atau hapus yang tidak penting. Terserah kita mau bikin baru lagi atau ada penambahan track.




Bisa dibilang dalam 1 project file di Fl studio 20 kita bisa aransemen banyak lagu karena adanya penambahan fitur double playlist ini. Belum fitur lainnya yang bisa kalian lihat di video official dibawah ini :



Penting :

Harap hati - hati jika ingin merubah step sequencing atau merubah sound plugin yang sudah kita buat sebelumnya menjadi step versi lain. Pastikan di clone dulu channel plugin tersebut jika ingin rubah soundnya. Agar tidak kehilangan step aslinya atau sound plugin awal.

Terkecuali hanya merubah posisi track saja, tanpa merubah step ( misalnya mau rubah melody atau bassline ).

Contohnya begini :

Playlist lagu pertama ( track bassline )  ada bass yang  memakai plugin Nexus yang mana suara bass nya sudah pas menurut kita, lalu di playlist kedua kita ingin suara bass yang lain. Jadi agar tidak merubah suara bass pada playlist pertama, yang harus kita lakukan adalah clone channel plugin nexus kemudian hasil clone nya baru kita ubah suara bass yang akan di pilih. Dengan cara ini maka playlist pertama pada track bassline jadi aman.


Ok silahkan dicoba aja begitulah cara menambah playlist baru di Fl studio 20 dalam 1 project. Sekedar info saja postingan ini. Intinya Fl studio 20 fitur - fitur nya makin bagus di banding versi sebelumnya silahkan di pelajari sendiri fitur lainnya.

Hendryal
Hendry Al Updated at: 04.33

0 comments:

Posting Komentar

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.