Home » , , » 2 cara bikin instrumen Lagu jadi tebal di FL studio 20

2 cara bikin instrumen Lagu jadi tebal di FL studio 20

2  cara bikin instrumen lagu jadi tebal di FL studio 20


Suara instrumen tipis pada lagu memang kadang bikin jengkel saat mulai proses mixing di FL studio 20, padahal harapan nya setelah di render hasil lagunya jadi tebal. Sudah coba bermacam cara agar lagu jadi tebal tapi hasilnya tetap tipis lagunya. Kadang bikin down deh.. Nah pada article kali ini Ane kasih trik sederhana 2 cara bikin instrumen lagu jadi tebal di Fl studio 20, dan tidak perlu download plugin dari luar Fl. Cukup gunakan plugin bawaan dan sedikit trik.


2  cara bikin instrument lagu jadi tebal di FL studio 20
Ilustrasi

Langkah membuat instrumen jadi tebal FL studio 20 :

Cara 1:

a. Menggunakan plugin bawaan yaitu soundgoodizer

Langkahnya :

1. Hubungkan channel instrument yang akan di setting ke mixer Fl, misal di insert 5 ( single channel misalnya bass, kick )

2. Masukkan plugin soundgoodizer ke mixer insert target ( misal track kick ), kemudian di soundgoodizer pilih preset yang ada. Pilih A, B , C, D. ( plugin ini sudah ada di FL )

Tes suaranya dengarkan dengan teliti, misal pilih option A.  Klik dan tarik ke atas sampai full ke arah kanan atau kira - kira sambil di dengarkan hingga tepat keluarannya agar tidak pecah suaranya.

Patokan Db jangan sampai lebih dari 0db -- sebaiknya -06db. Bisa dilihat di bagian sinyal master.

3. Setiap instrumen yang belum tebal silahkan lakukan hal sama seperti langkah 1 dan 2.

Tapi tidak semua harus di beri effect soundgoodizer ya ? Jika suara instrumen awalnya sudah tebal cukup hubungkan saja ke mixer, ini agar tidak over/ peak. Tergantung suara asli jika sudah tebal ya biarkan saja apa adanya. Contohnya suara - suara yang berasal dari plugin  Harmor, suaranya tebal banget. Jadi kadang tidak perlu di tune up lagi, hanya butuh di Eq saja

Lihat video ini proses membuat suara drum beat jadi tebal :




Kita bisa juga menambahkan plugin limiter ke mixer track drumbeat master. Di dalam plugin limiter terdapat preset "for drum ", ini agar suara nya tidak mengalami peak / over.


Baca juga cara render lagu agar tebal


Cara 2:

Buat Submix di mixer biasanya khusus untuk suara drum atau suara vocal groub ( L, R, Backing vocal, mono dan lainnya ). Atau suara instrumen lead yang jumlahnya lebih dari satu channel, agar suara menyatu dan tebal perlu di bikin submix.

Submix maksudnya menggabungkan beberapa mixer track menjadi 1 mixer track. Bisa juga di sebut Group track

Cara buat submix ( track routing ) lihat gambar  di bawah ini :


Trik cara bikin instrument lagu jadi tebal di FL studio 20


Prosesnya tekan tombol shift dan ALT, kemudian klik kiri di mouse tiap slot mixer yang akan di buat submix. Dari contoh gambar di atas bisa klik dari bagian kick, clab, hi-hat, shaker, dan terakhir insert 5. Nah di insert 5 klik kanan dan pilih track routing -- create submix.


Hasil nya pada insert 5 berubah menjadi submix. Nama mixer track Submix itu otomatis muncul setelah di klik create submix


Pengaruhnya sinyal suara dari kick sampai shaker dikirim ke submix, yang berarti jika kita submix ini mewakili setiap channel yang masuk kedalam submix.

Lalu, di mixer track submix ini bisa kita beri effect lagi agar jadi tebal atau menyatu. Misalnya di beri multi band compressor atau soundgoodizer ( bila perlu ). Hasilnya silahkan cek sendiri dijamin jadi tebal.

Tapi jangan lupa di tiap mixer track juga di balance fade nya seperti gambar di atas agar tidak over / peak.

Note :

Jika data suara sudah tebal sebaiknya tidak perlu di beri effect soundgoodizer lagi, cukup di eq saja


Nah itulah 2 cara bikin instrumen lagu jadi tebal di Fl studi 20 yang sederhana. Silahkan di praktek kan langkah nya, Ane jamin jadi tebal. Cara bikin instrumen jadi tebal ini tidak hanya di Fl studio 20, tapi bisa juga di lakukan di versi sebelumnya, misalnya di Fl 11. Selamat mencoba dan silahkan gunakan kreativitas sendiri dalam mixing dan eq.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 10.57

3 comments:

  1. naekin volume lagu tanpa bikin jadi noise gimana ya bang?
    ane coba2 maksimalin di mixernya.. segitu udah dipakein fruty limiter.. masih aja grekgek grekgek

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba pake maximus plugin pilih preset mastering

      Hapus
  2. Thq info ny bro.. .👍👍👍

    BalasHapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.