Home » , , » Cara merubah tempo samples atau lagu dengan cepat

Cara merubah tempo samples atau lagu dengan cepat

Biasanya saat kita remix lagu dengan menggunakan acapella vocal clean tempo atau bpm vocal tersebut tidak sama dengan target tempo project. Jadi harus disamakan dulu agar antara tempo lagu dan vocal jadi sejalan ( pas ). Begitu juga dengan samples loop tidak semua temponya sama, jadi mesti diatur lagu agar matching. Ada cara merubah tempo samples atau lagu dengan cepat yang akan share disini, buat kalian yang masih belum tahu. Cara ini juga trik mudah untuk merubah bpm / tempo lagu ( lagu sudah jadi maksudnya ).

Cara merubah tempo samples atau lagu dengan cepat


1. Gunakan Fl studio 20 atau versi sebelumnya jika tidak punya

Jangan lupa set dulu master tempo project target tempo yang di inginkan. Letaknya dibagian atas.

Bisa saja menggunakan fl studio versi sebelumnya tapi menurut pengalaman Ane pada Fl studio 20 ada fitur real time stretching. Fitur ini membuat setiap tempo master kita naikkan atau turun, maka setiap samples akan otomatis mengikuti master tempo.




Download fl studio 20 ( versi demo gk papa bisa kok untuk ubah tempo)


2. Ubah mode samples atau channel ke "stretch ), bukan auto atau resample

Double klik channel samples di playlist lalu ke bagian time stretching - Mode. Ubah ke stretch agar proses fit tempo lebih cepat

Cara merubah tempo samples atau lagu dengan cepat

3. Lakukan Fit tempo pada samples atau lagu dan pilih 100 - 200 ( tergantung genre musik )

Nilai 100 - 200 berdasarkan pengalaman Ane selalu pas untuk mengubah tempo lagu atau channel samples mengikuti master tempo project.

Cara merubah tempo lagu

Setelah di fit tempo maka biasanya akan ada perubahan grafik wave pada playlist. Itu artinya lagu atau channel samples otomatis menyesuaikan dengan tempo master project. Kalau samples biasanya akan rapi sesuai jumlah bar.

4.  Selesai. Selanjutnya tinggal tes play sambil menyalakan metronom. Jika sudah sama tinggal di Render atau save ke mp3 / wave.

Cara save ke mp3 baca ini


Intinya jika Ente ingin merubah tempo lagu sendiri atau lagu orang lain sesuai dengan keinginan agar lebih pas, bisa gunakan cara ini. Ini sangat cocok bagi kalian DJ pemula yang ingin membuat lagu yang di playlist bpm atau tempo nya sama semua. Jadi tinggal play aja gitu... hehe

Yo wes.. Itulah cara merubah tempo samples atau lagu dengan cepat sesuai yang kita inginkan. Tapi tentunya tetap pertimbangkan pas atau tidak temponya. Jangan sampai lagunya nanti hasilnya jadi aneh karena temponya kecepetan. Ada kendala atau kurang paham silahkan comment.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 17.41

2 comments:

  1. Bang mau tanya ni bang,di fl std12 saya itu kalo mau ke mode > trs fitur stretch itu ga ada bang adanya cm auto,e2generic,slice stretch,resample dll,gmn bang itu mohon pencerahan nya..

    BalasHapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.