Home » » 5 tips menjadi DJ club, yang perlu Ente tahu

5 tips menjadi DJ club, yang perlu Ente tahu

5 tips menjadi DJ club, yang perlu Ente tahuApa yang harus diketahui tentang menjadi dj Club ? Menjadi dj club merupakan keinginan terbesar bagi seorang DJ yang mana bisa mendengar musik dari sound sistem yang bagus. Nuansa sangat berbeda dibandingkan mendengarkan lagu di sound biasa. Juga betapa senangnya melihat orang -orang / crowd di dance floor mengikuti musik yang kita mainkan. Sebuah kepuasan tersendiri. Tapi tentu ini perlu persiapan yang matang, baik skill dj, koleksi lagu, equipment dj. Butuh persiapan yang extra untuk bisa tampil lama main sekitar 2 - 6 jam.

Dan yang paling vital adalah adanya relasi yang bisa menjadi penghubung agar menjadi DJ club. Karena tidak bisa sembarangan masuk menjadi dj club. Ada 5 tips yang bisa Ane bagi tentang apa sebaiknya yang harus dilakukan setelah menjadi dj club. Sekedar berbagi tips saja.


1. Cek kualitas suara

Ini yang perlu dilakukan di awal main, dengan cara memutar lagu kemudian turun ke dance floor. Beradalah di tengah ruangan club dan dengarkan dengan baik. Kira - kira apa yang kurang untuk suara lagu, apakah low, mid, hight masih kurang. Dari sini kita bisa mengetahui kualitas suara lagu yang kita punya atau mengetahui setingan sound sistem di club tempat DJ perform. Jika ada yang kurang segera lakukan pengaturan. Tidak butuh waktu lama hanya 1 - 3 menit untuk cek sound.

Dulu sering kali Ane di awal main sebelum tamu banyak memutar satu lagu untuk tes kualitas suara sound, seringnya Ane berada di tengah ruangan agar lebih mudah mendengar apa kekurangannya. Karena kualitas suara akan sangat mempengaruhi kenyamanan pendengar. Lagu bagus jika sound sistem tidak tepat setingannya akan berakibat tidak enak di dengar. Nah selain tugas sound man, ini merupakan sebagian tugas seorang dj di club juga yang perlu kita lakukan. Untuk itulah seorang dj profesional juga harus paham tentang sound sistem.

2. Baca /amati Crowd

tips menjadi DJ club, yang perlu Ente tahu
Maksudnya adalah ketika seorang dj main harus pandai melihat ke crowd / tamu. Apakah mereka suka dan terlihat enjoy dengan lagu - lagu yang kita mainkan ? Apakah mereka hanya duduk saja, atau mereka turun ke dance Floor dan bergoyang ? Bacalah dengan baik, kira - kira lagu apa yang mereka suka. Untuk ini dj butuh koleksi genre lagu yang populer.

Mulailah dari lagu yang tempo rendah di awal - awal main, misalnya genre soulful house dan jangan langsung putar lagu yang hit dan komersil karena akan kehilangan momen nantinya. Mainkan secara bertahap dari lagu lagu yang tempo rendah, midle, dan lama - lama ke lagu yang up beat, dan tetap baca reaksi crowd. Di sinilah yang paling membedakan di antara setiap dj club, skill boleh sama tapi cara mengolah lagu pasti beda.

3. Imbangkan ritme lagu / balance energy

Maksudnya ? Atur alur lagu yang dimainkan. Jangan terus - terus memainkan lagu yang tinggi / kenceng yang memaksa crowd terus ngedance. Ingat crowd juga manusia butuh nafas untuk rehat atau untuk minum, dan dj pun butuh rehat sejenak untuk minum. Dan juga dengan menyeimbangkan alur lagu yang diputar justru ini yang diharapkan oleh owner club. Kenapa ? Dengan begini crowd pasti akan menuju bar dan memesan minuman, dan tentu mempengaruhi omset. Betul ? Bila perlu bagi segmen main per 1/2 - 1 jam. Misalnya 1/2 jam mainkan lagu kenceng / hit, selanjutnya lagu biasa ( down ) dan seterusnya. Ini membantu bar meningkatkan penjualan.

Club akan rugi jika crowd hanya datang untuk dance saja tanpa jajan. Nah caranya adalah seperti itu yaitu mengatur ritme lagu yang dimainkan. So, jangan kaget kalau ente tamu dan kadang - kadang lagu yang dimainkan dj sengaja dibuat naik turun...

4. Jalin hubungan baik dengan staff lain

Nah ini juga sangat penting jika menjadi dj club yang kadang sering DJ lupakan, menjalin hubungan baik dengan staff lain. Bartender, sound man, dan staff lain di club. Ingat di antara mereka juga banyak mengetahui segala hal tentang club, termasuk respon tamu terhadap musik yang di sajikan DJ club. Dari mereka DJ kadang dapat masukan agar perform lebih baik, karena mereka juga berhubungan dengan tamu. Terutama bartender dan waiters, keduanya tidak akan memberi dj minuman jika tidak akur...hehe..Betul ?..

Makanya janganlah jadi DJ yang songong, sok ke artisan tanpa mempedulikan etika yang baik. Kadang keberhasilan seorang DJ club bukan karena skill yang dia miliki, tapi karena bagaimana dia bisa menjalin hubungan dengan baik.

5. Focus dan berpendirian

Jangan lupa menjadi Dj club adalah menyajikan musik yang terbaik dan membangkitkan penjualan. Agar selalu bisa menyajikan musik terbaik dan mengikuti trend lagu, tentu harus sering update lagu dj baru.Selama pelanggan senang akan musik yang di putar tentu mereka / crowd akan rela mengeluarkan kocek yang lebih. Dan tentunya ini akan membuat owner senang pada dj.

Ok, ini sekedar share saja, ada 5 tips menjadi club yang perlu Ente tahu. Ini cuma saran bukan nasehat Ente boleh mengikuti tips diatas atau tidak. Karena tentunya harus disesuaikan dengan tempat dimana dj club tampil. Semoga bermanfaat, silahkan share atau comment.

Hendryal
Hendry Al Updated at: 00.44

0 comments:

Poskan Komentar

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.