Home » » Genre lagu, musik apa yang disukai orang 2015 ?

Genre lagu, musik apa yang disukai orang 2015 ?

Selain terus mengembangkan skill, DJ juga harus bisa mengetahui perkembangan lagu yang lagi hit dan banyak disukai orang. Terutama untuk DJ yang mobilitas / jam terbang tinggi dan tidak main hanya pada satu tempat saja. Kira - kira genre / aliran lagu apa yang disukai orang 2015 ? Menurut hasil diskusi Ane dan teman - teman pas lagi pada kumpul ada beberapa genre lagu dj yang di sukai orang di tahun 2015, yaitu :

Genre lagu, musik apa yang disukai orang 2015 ?

1. Progressive House ( style komersil - lagu yang ada vocal ).

Seperti yang pernah Ane bahas pada postingan sebelumnya bahwa di Indonesia ini genre lagu Progressive House terbagi 2 jenis yaitu yang style komersil dan Dark, agar mudah membedakannya. Ciri lagu Progressive house yang komersil adalah biasanya ada vocal dan sangat yang tanpa vocal. Elemen musik lebih ramai, banyak unsur melody. string, dirty bass, dan lainnya. Contoh lagu progressive house komersil dengar video dibawah:

Miracle, Corti & LaMedica - I Feel Love


Bisa dibilang Progressive house lebih menekankan pada lirik lagu dan keindahan musiknya, bila didengar terasa nyaman di kuping. Cocok untuk semua orang yang menyukai keindahan nada - nada lagu. Walaupun bagian floating agak lama, tapi tetap memperhatikan bagian beat untuk dance. Untuk membuat genre lagu ini dibutuhkan kesabaran dan penguasaan ilmu musik yang tidak biasa, karena tingkat kesulitan dalam merangkai nada - nada.

Terdengar simple tapi susah membuatnya. Berbeda dengan progressive house style Dark yang hanya lebih menekankan pada unsur beat, ambien, bass, tujuannya agar enjoy untuk goyang, tingkat kesulitan adalah pada pemilihan sound instrumen. Untuk ke daerah sepertinya kurang cocok, greget kurang.

2. Electro House ( Pum dan Boom )

Nah kalau Electro House model lagunya banyak type, yang umum dikenal yaitu dirty electro, Progressive electro ( kombinasi elemen melodic Progressive house dan bass electro ), sebagian dj menyebutnya electro boom - boom.

Contoh Progressive Electro :


Dari contoh lagu diatas yang bagian progressive adalah pada floating ( no beat ), selanjutnya masuk ke electro kombinasi bass dan beat, jadi itulah kenapa di sebut progressive Electro. Tapi elemen bas lebi soft dan biasanya menggunakan suara - suara yang unik. Ada juga yang salah kaprah menyebutnya EDM, jika di tanya main genre apa sob ? Jawabnya Edm padahal yang di mainkan adalah Electro house. Maklum mungkin dia lelah. Lalu yang dirty electro seperti apa contohnya ?

Contoh lagu dirty electro / electro :


Jenis lagu / musik ini ada yang menyebut electro pum agar mudah untuk membedakan pada tiap style genre Electro house. Makanya seorang DJ juga harus bisa memahami tentang jenis electro house yang akan dimainkan. Nah keduanya adalah termasuk genre lagu yang di sukai orang 2015, baik untuk kalangan umum atau para clubber. Progressive house dan Electro house. Untuk mendapatkan kedua genre lagu diatas silahkan buka page : download lagu DJ, pilih saja dan tunggu dirumah Ente.

Tapi tentu tidak di semua daerah di Indonesia jika memainkan kedua genre diatas tersebut cocok, Ya. Di daerah biasanya lebih disukai genre breakbeat kota atau Funkot / funky house, beda crowd beda pula musik / aliran yang harus dimainkan.

Hendryal
Hendry Al Updated at: 16.35

3 comments:

  1. Dirty electro bukan termakst genre Melbourne bg ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih sejenis sepertinya...beda style musiknya saja...masih electro juga..

      Hapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.