Home » , » Cara Menyimpan setingan mixer effect FL 12, agar mudah digunakan kembali

Cara Menyimpan setingan mixer effect FL 12, agar mudah digunakan kembali

Fl studio 12 tips : Saat proses mixing dan mastering di Fl studio pasti kita akan selalu menggunakan Vst Effect agar hasil suara menjadi bagus. Nah untuk menghemat waktu jika plugin effect tersebut akan di gunakan pada project lagu lainnya, maka ada baiknya kita lakukan proses menyimpan setingan atau kumpulan Effect di mixer Fl studio 12.

Lebih jelasnya bisa di sebut  mixer track state preset : Kumpulan plugin effect yang sudah di load sebelumnya ke slot Fx mixer Fl studio, dan di simpan.

Jadi, saat akan digunakan kembali cukup open mixer track state dan pilih nama file mixer yang sudah di simpan.

Misalnya sebelumnya pernah mixing drum kit, dan plugin yang digunakan adalah parametric eq 2, Tube-tech, The glue plugin, dan lainnya ( dan sudah di setting / berisi setingan sound sendiri). Semua plugin effect itu bisa di simpan.

Jadi saat akan digunakan cukup buka filenya mixer preset yang telah disimpan sebelumnya. Maka semua plugin akan masuk ke mixer slot. Tanpa insert plugin satu persatu dari plugin database.

Intinya proses menyimpan ini hanya mempermudah load plugin Fx saja di mixer. Juga proses pengaturan sound pada instrument bisa kita gunakan kembali pada project lagu lainnya. Dari pada harus terus menerus otak - atik plugin fx setiap kali mixing instrument. Ini pekerjaan yang bikin lelah otak sama kuping... hehe .. 
Jadi cukup gunakan yang sudah pernah kita setting, dengan cara menyimpannya

Lebih baik jika Ente memakai lebih dari 2 plugin effect di fx slot. Jika hanya 1 Fx cukup load aja dari plugin database.

Cara menyimpan plugin Fx dan settingannya - mixer track preset begini :


1. Load dulu Effect yang akan di simpan ke mixer Fl studio, Contohnya ke insert 1.

2. Jumlah plugin fx tergantung kebutuhan yang akan digunakan untuk mixing / mastering jenis instrument apa pada lagu. Misalnya 2 - 3 plugin effect buatan waves yang sering di gunakan orang.

3. Klik kanan di insert mixer, pilih file - save mixer track state as.

Cara Menyimpan setingan mixer effect FL 12

4. Simpan nama filenya misalnya "plugin effect andalan ". File akan masuk ke folder mixer preset ( lihat di file browser sebelah kiri )

5. Selesai. Jika akan menggunakannya cukup klik kanan lagi dan pilih open mixer state. Atau dari file browser - mixer preset. Cukup drag file mixer preset tersebut ke mixer Fl studio 12.

Kebanyakan plugin - plugin effect yang biasa di gunakan untuk mixing atau mastering Ane save sebagai mixer state ( preset mixer ). Ini agar lebih mudah dari pada ambil terus dari plugin database jika ingin memakainya pada project lagu lainnya.

Tapi perlu di ingat juga file settingan sebelumnya jika digunakan pada project lagu baru, terkadang hasil pada suara instrument tidak cocok. Jadi harus lakukan proses pengaturan lagi. Terutama untuk equalizer, karena tiap karakter sound pada instrument biasanya berbeda.

Menyimpan plugin Fx ini bisa di bagian mixer mana pun termasuk di master mixer. Jadi misalnya kita akan melakukan proses mastering lagu, cukup di load saja.


Yo wes in hanya tips buat kalian yang ingin lebih hemat waktu dalam menggunakan plugin Fx di fl studio. Bisa jadi setingan sound yang digunakan pada project sebelumnya cocok dengan projek lagu yang baru. Jadi cukup load saja file mixer preset-nya dari mixer. Selamat mencoba.

Tambahan : Untuk save preset sound Vst instrument baca di sini

Hendryal
Hendry Al Updated at: 07.37

7 comments:

  1. Mas hendry mau nanya nih...gimanya caranya bikin melodi mandarin gitu di fl studio..apa kah ada vst khusus.?atau cuma pakai teknik dipiano roll nya.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Vst khusus ane rasa nggak..yg penting soundnya seperti lagu mandarin.. coba pake Vst sakura, di fl studio sudah ada.

      Hapus
  2. Bang, bikin tutorial mastering biar volume lagu bisa maximum dong. Ane udah bikin maximum di mixer tapi rasanya masih kurang besar, dibandingin sama lagu edm yang lain kaya 80:100

    Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah dibikin pake ozone..cari aja lewat google box "mastering dengan ozone

      Hapus
  3. Terus bikin pattern dipiano roll nya gimana biar kayak kecapi mandarin gitu mas

    BalasHapus
  4. bang tau tempat skolah fl.studio/remix gak?

    BalasHapus
  5. bang cara seting kontrole s2 ke traktorscratch pro

    BalasHapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.