Home » , » Fungsi loop di virtualDJ software

Fungsi loop di virtualDJ software

Apa fungsi loop di virtualDJ software? Bagi ente yang masih baru dalam menggunakan virtualdj mungkin bingung melihat banyak tombol yang terlihat asing, selain tombol play and stop. Tapi yang sudah pernah memakai alat cdj player pasti sudah mengetahui fungsi loop di gunakan untuk apa. Karena pada tiap cdj player biasanya selalu ada. Intinya jika ente sudah bisa memakai cdj player, memakai virtualdj software pasti mudah memahaminya.

Ok, kali ini ane share sedikit tentang apa fungsi loop di virtualdj software, baik versi lama atau versi baru. Tutorial memakai virtualDJ lainnya silahkan baca di sini.

Jika di terjemahkan, kata "loop artinya adalah putaran, Looping : Perulangan. Jadi bisa kita artikan dalam  fungsi loop di virtual DJ software adalah feature yang di gunakan untuk mengulang-ulang bagian pada lagu. Baik itu bagian vocal, beat, dan bagian lainnya yang ingin di bunyikan secara ber-ulang.

Coba ente play lagu dan aktifkan tombol loop yang 4 beat.

Maka lagu tersebut akan terus mengulang selama 4 beat / ketukan, sampai fungsi loop tersebut di non aktifkan/lepas. Feature loop juga tersedia di bagian Sampler slot. Dan tidak hanya di virtualdj feature loop ini juga terdapat pada software untuk dj lainnya, seperti Traktor DJ, Deck dance, serato dj.

Untuk virtualdj lihat gambar di bawah:

Loop di virtualDJ 7
loop feature di skin default vdj

Loop tombol di virtualdj
Loop feature di skin denon S-3500
Dan maksud dari angka 1/4 - 32 pada fungsi loop di virtualDJ adalah untuk memberikan berapa jumlah beat/ketukan yang kita inginkan. Contoh: jika kita aktifkan pada 4, maka jumlah beat yang akan di ulang terus menerus adalah 4 beat. Jika sampai hitungan ke 4, maka akan kembali ke awal.

Dan begitu juga dengan nilai loop lainnya. Maksudnya??..Agar paham coba ente letakkan lagu di deck A. Play, kemudian aktifkan loop 4.

Kemudian hitung, pada hitungan ke 4 pasti kembali ke awal. Cara mudahnya lihat di tampilan grafik wave untuk melihat proses pengulangannya. Apa fungsi Smart di feature loop virtualDJ ?..

Fungsi ini memudahkan kita untuk meng-setting loop dengan tepat.

Jadi, pada saat kita aktifkan tombol loop dengan nilai yang kita inginkan, maka otomatis virtualdj akan mengambil ketukan /beat sesuai BAR.

Tapi jika Smart non aktif, kita harus mengatur manual agar bar pas/tepat dengan menggunakan tombol TRIM dan Shift ( pengaruh tombol ini bisa kita pahami dengan mengerakkannya). Saat kita gunakan sebaiknya fungsi Smart pada loop virtualDJ di aktifkan.

Kapan loop di virtualDJ kita gunakan?

Ini tergantung tujuan kita untuk untuk apa kita gunakan.

Dulu waktu ane masih memakai virtualdj buat peform, tombol loop ini sering ane gunakan untuk mengulur waktu sebelum akan melakukan proses mixing/pergantian lagu dari deck a ke b.

Jadi, ketika lagu pertama masih aktif di deck a or b di durasi awal-awal, ane samakan dahulu ketukan/tempo lagu kedua di preview phone/cue. Kemudian loop 4 atau 8 ane aktifkan. Dan selanjutnya tinggal menunggu timing yang tepat untuk melepas/mematikan fungsi loopnya kemudian melakukan mixing untuk pergantian lagu.

Cara ini lebih memudahkan saat mixing. Tapi ingat..! Yang di loop lagu keduanya.

Tapi yang perlu di pahami bahwa kita harus menguasai lagu, dan feeling harus cermat. Jadi tahu kapan harus melepas loop untuk mixing. Agar pergantian lagunya enak. Dan tidak harus selalu melakukan looping saat performing.

Nilai loop yang di pakai biasanya : 4, 8, 16. Terserah. Apa boleh lagu pertama di loop ?? Hehe boleh saja kalo untuk sekedar mengulur waktu jika lagu kedua belum ketemu yang cocok..haha..:)

Fungsi loop di virtualDJ software juga bisa kita gunakan untuk mengambil beat lagu yang sudah ada untuk kita jadikan beatloop, yang bisa di gunakan untuk Mashup lagu. Dengan cara di Record ( ambil di bagian intro lagu), atau bagian tertentu lagu yang enak. Set loop bisa 4, 8, 16, atau sesuai kebutuhan.

Untuk record bisa dari slot sampler atau menu record biasa yang digunakan untuk membuat mix-tape. Untuk apa lagi ya..? Silahkan comment jika ente ada ide atau saran tentang fungsi loop di virtualdj. Semoga ini membantu pengetahuan tentang virtualdj software.

Tambahan :

Untuk Virtual dj 8 fungsi loop sama saja hanya letak dan fitur lebih di perbarui. Di atas adalah gambar versi 5.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 06.15

1 comments:

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.