Home » , » Cara aktifkan microfon di virtualdj 8 home atau pro

Cara aktifkan microfon di virtualdj 8 home atau pro

Di bandingkan dengan virtualdj versi 7, versi 8 lebih mudah pengaturan nya untuk mic karena pada skin bawaan baik itu 2 deck - 4 sudah di sediakan tombol untuk mengaktifkan. Ini sangat membantu sekali jika ente suka broadcast lewat camfrog atau lainnya. Ini juga termasuk cara bagaimana cara isi suara kita di virtualdj 8 lewat fungsi mic.

Ini langkah-langkah cara meng-aktifkan fungsi microfon di virtualdj 8 :

1. Klik menu config, pilih tab audio, pilih microfon.

Pada bagian source pilih : Mic, lalu pilih nama mic yang kita punya di label soundcard. Selanjutnya di bagian label channel rubah ke  "chain 1 mono. Karena default channel adalah chain 1&2. Lihat gambar di bawah:

Cara aktifkan mic di virtualdj 8

Untuk tes ane pake microfon yang ada di webcame, jadi nanti di pc/lapop ente pasti akan berbeda nama device microfon yang ada ( bisa pake onboard sound plus headset). Pastikan mic device active di sound control. Baca di cara take vocal memakai fl studio untuk aktikan device mic di windows.

2. Selanjutnya klik tab master di mixer area virtualdj 8 dan aktifkan mic menjadi ON. Jika berhasil akan ada sinyal di level fader. Seperti gambar di bawah ini :

agar mic di virtualdj aktif
Mixer virtualdj 8 , 2 deck
Silahkan tes dengan tepuk tangan atau ngomong, apakah suara bisa masuk ke microfon ( suara akan keluar ke speaker). Tapi sebelum tes sebaiknya posisi kita harus jauh dari speaker untuk menghindari feedback/gound/noise. Bagaimana untuk merekam suara kita dari mic ?

Caranya cukup klik menu REC di bawah tombol On, untuk merekam dan klik Rec lagi untuk Stop merekam. Jika mic berfungsi dengan benar suara yang masuk pasti akan terekam dan juga lagu yang kita play di deck. Tapi sebaiknya pengaturan RecordAutoStar di seting ke NO, di menu config-option-Record. Agar tidak selalu merekam, karena jika di "yes", setiap kali kita play lagu di virtualdj 8 otomatis langsung merekam.

Masuk ke folder apa hasil rekaman dari mic ?

Secara default biasanya masuk ke folder C:\Users\HendryAl\Documents\VirtualDJ\Sampler\Recordings\ . Klik tombol file di atas tombol crosfader untuk merubahnya agar mudah di temukan.

Ok sob..begitulah cara aktifkan fungsi microfon di virtualdj 8 untuk di rekam atau sekedar cuap-cuap (talking). Silahkan di coba, jika ada masalah silahkan comment.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 14.07

4 comments:

  1. Gan ",,,"klo pake mic headset bisa gak
    Klo x bisa kasih tau caranya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pake yg kaya dipake di warnet bisa sob,..masuknya kelubang mic ( warna pink kalo di pc)..tp kalau headset yg buat smartphone bisa tp mungkin powernya kurang, alias kecil suaranya.. di coba aja dulu sinyalnya masuk kagak

      Hapus
  2. Gan klo mwu pakai mic ikternal di controler ku punya saya mic nya storing/noise solosi nyaa gmna

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jauhkan dikit dari speaker. biasanya noise feedback dari situ

      Hapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.