Home » » Cara mudah setting suara kick di fl studio agar bagus

Cara mudah setting suara kick di fl studio agar bagus

plugin untuk membuat suara drum bagusSeringkali setelah membuat beat di fl studio biasanya kendala yang sering kita alami adalah keluaran suara kick terdengar pelan dan mentah. Terutama untuk para newbie yang belum mahir menggunakan software Fl dan mixing sound. Cara agar suara kick jadi bagus sebenarnya mudah, yaitu menggunakan plugin effect bawaan fl studio yang terdapat pada mixer. Berikut ini langkah-langkah cara mudah setting suara kick di Fl studio agar bagus.

1. Set channel kick ke mixer, misalnya di insert 1.

Silahkan ente baca postingan- cara mixing channel ke mixer, yang pernah ane bahas sebelumnya bagi yang belum tahu cara set channel ke mixer fl studio.

2. Tambahkan plugin Fruity parametric eq

Plugin ini berfungsi untuk mengatur frequence low, mid, high ( low adalah frequence bass, Mid = middle, High = tinggi. Vst ini sangat simple dan mudah digunakan. Tersedia di software fl studio versi lama sampai 11.

3. Gunakan preset bawaan untuk kick, klik tanda panah bawah sebelah kiri plugin, kemudian pilih preset dan pilih bassDrum  punch. Boleh di otak-atik sendiri agar menghasilkan settingan yang tepat, jadi tidak terpaku pada preset bawaan. Lihat gambar di bawah.

Cara mudah setting suara kick di fl studio agar bagus

Untuk mengetahui hasil suara kick setelah di beri plugin parametric eq, silahkan tekan spacebar untuk play. Matikan plugin, dengarkan, kemudian aktifkan kembali. Hasilnya akan membuat suara kick jadi bagus dengan suara yang jelas dan clear. Sebaiknya untuk kick, snare, hi-hat dan channel sound lainnya dipisah penempatannya di mixer jangan di jadikan satu, agar mudah setting soundnya.

Video cara setting suara kick di Fl studio agar bagus  :



Untuk setting sound snare, hi-hat dan lainnya bisa juga menggunakan parametric eq karena terdapat preset bawaan plugin untuk set snare dan lainnya. Silahkan ente experiment untuk mendapatkan suara yang tebal dan warm ( hangat). Bisa juga kita gunakan plugin effect fruity parametric eq 2, dan vst lainnya. Yang memiliki preset setting equalizer untuk kick.

Ok, sob..begitulah cara mudah setting suara suara kick di fl studio. Silahkan ente coba di jamin suaranya jadi bagus. Semoga tips ini membantu.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 18.15

0 comments:

Posting Komentar

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.