Home » , » Tips merubah lagu pop menjadi dance musik electronic

Tips merubah lagu pop menjadi dance musik electronic

Ada teman yang bertanya. Bro, bagaimana cara merubah lagu pop menjadi dance musik ? Tujuannya agar lebih asik dan enak untuk goyang ( ajojing). Sekilas pertanyaan itu simple tapi di butuhkan penjabaran yang lumayan panjang untuk menjelaskan. Sebelum ane bahas caranya, ada beberapa point yang harus kita perhatikan dan pahami terlebih dahulu, jika ingin merubah lagu pop menjadi dance musik, yaitu :

1. Merubah lagu pop secara keseluruhan pada instrument musik ( Remix).

Contoh lagu di bawah ini : Butuh bahan acapella clean ( no musik )


Untuk mengerjakannya kita butuh software daw ( digital audio workstation), yang mana software ini kita gunakan untuk membuat element musiknya seperti : Bassline, melody, rhythm, beat, dan lainnya, Contoh untuknya mengisi piano dan string. Software daw banyak sekali pilihannya, dan ane sendiri menggunakan software Fl studio signature producer ( tutorial sudah ane bahas di blog ini).

Untuk software daw yang lain ente bisa baca di postingan software DJ dan daw.

Untuk bisa mengubah keseluruhan musik kita harus memahami dulu genre musik target. Misal genre lagu electro house yang lagi hit sekarang dan progressive house yang masuk category Edm ( electronic dance musik). Dengan memahami genre dance musik kita akan lebih mudah merubah lagu pop tersebut, karena telah mengenal struktur, element, sound instrumentnya.

Dan bahan dasar untuk merubah lagu pop menjadi dance musik adalah Acapella / vocal clean lagu tanpa musik yang akan rubah. Jika lagu-lagu barat kita bisa mencari acapellanya lewat google. Tapi jika lagu pop indonesia jarang sekali yang share vocal clean jadi kita harus membuang musik aslinya.



Silahkan baca postingan --Cara membuang suara musik pada lagu.

2. Hanya meng-edit sebagian instrument musik lagu pop tersebut.

Misalnya hanya menganti beat, dan merubah bassline agar sesuai dengan karakter dance musik. Contoh lagu yang hanya di edit atau di ganti beatnya adalah lagu di bawah ini :




Ane hanya menganti beatnya saja dulu waktu masih belajar ( caranya dengan menimpa beat aslinya, tapi di kecilin dulu frequence low), dan ada penambahan suara effect sekedar pemanis saja . Instrument musik asli yang lain masih ada hanya ane kecilkan saja frequence low, mid, high. Silahkan ente bandingkan dengan lagu aslinya. Cara merubah lagu pop menjadi dance musik dengan di edit ini yang paling mudah prosesnya. Tapi tetap kita harus memahami dulu genre musik dance.

Baca article cara membuat beat dasar memakai fl studio.

3. Mengambil pada bagian lagu yang di anggap bagus,

Point ini biasanya yang paling bagus di ambil adalah pada bagian reff lagu yang akan di ubah ke dance musik. Para musisi luar dan dj sering melakukan ini dan lebih di kenal dengan istilah Chop / vocal remix.

Tapi terserah ente, yang penting jangan ambil bagian ujung lagu, karena percuma..hehe.

Ok, demikian 3 tips merubah lagu pop menjadi dance musik electronic, postingan selanjutnya akan ane bahas bagaimana cara edit beat lagu pop ke dance. Semoga informasi ini berguna,

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 22.43

0 comments:

Posting Komentar

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.