Home » , » 3 Tips mashup lagu dj untuk pemula

3 Tips mashup lagu dj untuk pemula

Sebagai seorang dj tentunya ingin punya lagu ciri khas sendiri pada lagu yang akan di mainkan dj club, baik remix, original atau bootleg. Sebelum naik ke level remix lagu dan membuat original mix sendiri lebih baik belajar dulu bagaimana membuat mashup karena lebih mudah. Agar ente menjadi mudah ane bantu sedikit tentang tips teori mashup lagu lagu dj untuk pemula, prakteknya ente sendiri dengan menggunakan software untuk mashup lagu.

Apa itu mashup ? baca di postingan ; Software untuk mashup lagu dan pengertiannya di jelaskan article itu.

Tips mashup lagu dj untuk pemula

Tips Mashup lagu dj untuk pemula :

Pertama : Tentukan target genre lagu yang akan di buat mashup, lebih baik genre lagu yang kita sukai dulu, 1 atau 2 genre lagu. Misalnya lagu electro house dan dutch house, karena kedua genre itu masih nyambung. Atau bisa juga break dutch dan breakbeat, bebas terserah ente. Usahakan genre lagunya masih sejalan.

Kedua : Cari lagu yang chord dasarnya sama, misalnya lagu pertama dari G, maka cari lagu lainya yang mempunyai chord dasar G juga. Ini agar ketika di gabungkan hasil mashup menjadi harmonic alias tidak fals. Jadi lagu-lagu yang di mashup jika di jadikan satu track pergantian atau perpaduan bagian-bagian lagu yang di ambil menjadi selaras sejalan.

Untuk melihat apa chord dasarnya bisa dengan softwae yang khusus untuk mashup lagu, dan bisa juga menggunakan software virtualdj 8, Traktor pro, dan software lainnya yang di pakai dj untuk live mixing. Setelah di analize biasanya akan terdeteksi chord/key lagunya.

Ane sering kali menemukan para masher yang masih pemula dan tidak tahu masalah harmonic mixing main hajar lagu-lagunya. Tidak melihat chord lagu, jadinya hasil mashup tidak enak di dengar. Jadi aneh dan berasa mengambang. Ingat ketika kita terjun ke dunia musik seorang dj otomatis harus belajar ilmu musik juga. Kecuali ente ingin stuck di situ saja.

Ketiga : Mashup dua lagu dulu, agar mudah mengolahnya di bandingkan lebih dari 2 lagu. Kecuali sudah mahir dalam mashup lagu. Intinya untuk latihan di mulai yang paling mudah, karena lama-lama nanti semakin mahir. Standar mashup lagu memang rata-rata hanya 2 lagu yang di gabungkan jadi 1 track.

Ok..Inilah 3 tips untuk mashup lagu dj untuk pemula yang bisa ane share, selanjutnya tinggal ente terapin dan mudah-mudahan paham. Serta hasilnya memuaskan. Jangan lupa hasil track setelah proses mashup tulis nama artis lengkap. Misal : Dirty South vs Alesso  - City Of Love (Newklear Bootleg) , paling belakang adalah nama ente gantinya. Karena ini lebih ber-etika dalam menghormati pembuat lagunya. Ingat tidak ada lagu original maka tidak ada Mashup.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 12.40

2 comments:

  1. Masih bingung saya cara meng mash up. Klo misalkan mau gabung/berganti itu harus yg chordnya sama atau ketukannya?

    BalasHapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.