Home » , » Cara berbagi project Fl 12 ke orang lain untuk kolaborasi

Cara berbagi project Fl 12 ke orang lain untuk kolaborasi

Kadang dalam membuat lagu dan remix kita tidak harus selalu mengerjakan sendiri, karena bisa dikerjakan bareng dengan teman atau partner satu team. Dengan syarat mengunakan FL studio 12 juga. Ada cara berbagi project ke orang lain sesama pengguna Fl agar project bisa berjalan sempurna saat dibuka di tempat lain. Jadi bukan asal kirim file flp, karena akan eror, dan biasanya ada pesan file samples not found. Di postingan kali ini akan kita bahas cara yang benar untuk berbagi file project Fl studio 11 atau 12, atau versi sebelumnya,

Cara benar berbagi project Fl studio 12 ke orang lain untuk kolaborasi :


1. Pastikan Vst yang digunakan sama.

Biasanya tiap musisi punya Vst plugin andalan sendiri dalam membuat lagu, dimana orang lain tidak punya. Nah ini jika kita ingin kolaborasi harus konfirmasi dulu apa saja plugin yang digunakan agar saat dikerjakan di lain tempat tidak eror, atau tidak sempurna. Termasuk juga file presset, karena meskipun plugin sama jika ada preset tambahan dari vst plugin tapi di tempat lain tidak ada bisa mengakibatkan project tidak sempurna.

Bila perlu kirim presetnya. Misalnya kita memakai Sylenth1 vst dengan soundbank tambahan bukan standard, kebetulan disana hanya memakai soundbank sylenth1 standard. Maka project tidak akan sempurna ketika dibuka di lain tempat.

2. Cara simpan project Fl studio yang benar untuk kolaborasi

Caranya tidak seperti biasanya yaitu cukup save project. Tapi...agar sempurna semua data samples masuk kedalam file untuk kolaborasi harus di export - zip loop package. Caranya mudah, lihat gambar dibawah :

Cara berbagi project Fl 12 ke orang lain untuk kolaborasi

Dengan cara di export - zip loop package semua file project baik itu beatloop, one shout, vocal samples dan lainnya akan terkompresi ( juga file FLP ). Jadi di tempat lain cukup buka file zip loop tersebut dari menu file open, pilih file project loop. Maka akan loading dengan sempurna. Berlaku untuk semua versi Fl studio.

Bisa juga saat membuka project, file loop package di extract dulu agar lebih mudah karena hasil extract akan ada file project "FLP. Jadi cukup dobel klik saja filenya.

Ya sudah buat kalian yang ingin berkolaborasi dengan teman untuk bikin lagu atau remix itulah cara yang benar dan aman untuk mengirim / berbagi file project Fl studio. Seperti yang dilakukan musisi bule, mereka kebanyakan juga berkolaborasi agar lebih cepat selesai lagunya.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 02.01

1 comments:

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.