Home » , » Pemula : Cara memulai project baru Fl 12

Pemula : Cara memulai project baru Fl 12

Biasanya kalau baru pertama kali install Fl studio dan saat buka akan muncul project default bawaan yang isinya lagu sederhana. Bingung mau ngapain... ? Sebenarnya itu di tujukan buat contoh gambaran membuat lagu di Fl studio, yang memperlihatkan susunan pattern di playlist. Baik dari melody, bass, drum kit, dan lainnya bisa kita lihat di project bawaan. Nah tentunya tidak bakal kita pakai dong.. Karena tidak sesuai dengan target lagu yang ingin di buat. Jadi kita harus memulai membuat project baru sendiri di Fl studio 12.

Di article kali ini Ane bahas cara memulai project lagu buat kalian yang masih pemula.  Langsung saja lihat gambar di bawah :

1. Langkah pertama adalah klik menu file dan pilih "NEW "

Pemula : Cara memulai project baru Fl 12


Tapi jangan heran sebab yang muncul di pattern dan mixer akan berbeda tiap pilihan, namun untuk langkah awal lebih baik pilih yang basic limiter ( limiter berfungsi untuk menahan frekuensi suara yang berlebihan, yang terletak di mixer master ). Memulai project baru bisa di dari sini yaitu pilih template basic limiter.

Akan muncul pattern baru yang isinya hanya drum kit saja ( Kick, Snare, clab, hi hat ). Apa saja yang ada di pattern ini tujuannya agar bisa kita gunakan untuk membuat beat dasar lagu. Ini langkah pertama.

2. Langkah kedua biasanya cukup insert channel baru contoh seperti dibawah.

insert channel baru di fls studio 12

Channel baru bisa suara piano, keyboard, atau yang lainnya sesuai keinginan kita akan membuat instrumen apa.  Dimana suara suara tersebut berasal dari Vst instrumen plugin.

Jadi begitulah cara memulai project baru di Fl studio 12, yang tidak jauh beda dengan versi sebelumnya. Cukup klik file menu - pilih template - basic limiter atau club basic. Selanjutnya tinggal di kembangkan sendiri proses berikutnya.

Jadi tidak usah bingung lagi cara memulai project baru, langsung action saja.

Kalau mau tahu apa saja isi dari project template bawaan Fl studio, silahkan saja buka sendiri. Tapi jika sudah nemu yang tepat jadikan saja pilihan utama. Klik kembali templatenya yang cocok dan jangan pilih yang lain lagi.

Sebab nantinya jika Fl studio di close dan di buka lagi untuk memulai project baru, yang muncul adalah template terakhir yang telah kita buka/ pilih.

Hendryal
Hendry Al Updated at: 02.25

0 comments:

Posting Komentar

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.