Home » , » Membuat Project template Flp di Fl studio 11

Membuat Project template Flp di Fl studio 11

Apa itu project template di Fl studio ? Project template di fl studio adalah sama dengan cara cepat menggunakan project yang isi pattern sudah terdapat channel - channel yang di butuhkan untuk memulai proses membuat lagu, remix atau lainnya. Juga dalam mixer, effect sudah tersedia. Project template ini didalam Fl studio sudah ada dan tinggal kita gunakan dengan cara klik menu file - template - dan pilih yang sesuai : Seperti gambar dibawah :

Cara embuat Project template di Fl studio 11

Nah, template bawaan yang telah disediakan oleh Fl studio tujuannya untuk memudahkan pengguna agar cepat tanpa harus pilih-pilih channel atau effect, misalnya seperti gambar di atas, ketika kita memilih template club basic with limiter, maka pada pattern akan ada channel kick, snare, hi hat, clab. Dan juga pada master mixer sudah terdapat plugin fx limiter ( salah satu fungsi limiter ini untuk menahan suara -suara yang overload ). Jadi untuk memulai membuat lagu kita cukup gunakan apa yang di sediakan pada template club basic.

Cara membuat project template di Fl studio 11 dan versi sebelumnya sangat mudah, begini :

Pertama : Mulai project baru "new ", paling atas di menu file , kosong tanpa channel apapun dan secara default biasanya ada channel dengan nama "sampler", kosong tanpa ada suara pada pattern.

Kedua   : Masukkan channel baru ( Klik kanan pada saluran sampler ), pilih yang sesuai dengan yang kita inginkan dari drum kit sampai vst plugin seperti Harmor, sylenth1, Refx Nexus, dan lainnya yang nantinya akan memudahkan kita ketika ingin memulai project baru. Termasuk mengatur plugin Effect pada master mixer yang akan di set, baik compressor, limiter, plugin untuk mastering dan lainnya, terserah ente.

Ketiga  : Setelah semuanya sudah di atur dari channel sampai effect sesuai dengan keinginan agar memudahkan nanti pada saat akan memulai project baru di Fl studio 11, langkah selanjutnya adalah proses penyimpanan data agar jadi template. langkahnya ? Klik menu file pilih save as, kemudian isi nama project, misalnya project Flp untuk electro house.

Keempat : Jangan langsung klik Save, tapi browse dulu kedalam folder template FL studio 11, di dalam folder : C:\Program Files (x86)\Image-Line\FL Studio 11\Data\Projects\Templates . Ada folder ini : Utility , Minimal, Other, Performance. Pilih saja salah satu folder dan simpan dengan nama project yang telah kita buat.

Terakhir close dulu Fl studio 11, lalu buka lagi dan lihat pada bagian file template apakah nama project template sudah muncul atau belum. Jika sudah muncul klik nama project itu, dan selanjutnya Close / tutup Fl studionya. Selesai sudah membuat project template Flp sendiri isinya sesuai yang sudah kita atur. Maka setiap kali kita membuka Fl studio akan otomatis membuka project template yang telah dibuat.

Inilah tips Fl studio tentang membuat project template flp data yang dapat kita terapkan dengan mudah. Selamat di coba, dan semoga lebih memudahkan dalam menggunakan FL studio.

Hendryal
Hendry Al Updated at: 07.02

5 comments:

  1. Bang, Boleh gak kasi kita2 hasil instrumen abang yang udah di mixing/mastering..?? Gak usah banyak2 bang 20bar aja atau terserah abang, soalnya aku pengen liat hasil mixing/mastering tuh kayak gimana sih,, Pake instrumen bawaan FL ya biar gak error kalau di buka FLP nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo mau mixing bagus dengerin aja lagu luar..sesuai genre lo..dengerin..play sambil play project juga dari situ nanti tahu kekurangannya...tp speaker n soudncard lo harus mendukung..bukan pake onboard sound..ngaruh suaranya

      Hapus
    2. ok lah bang kalau gitu

      Hapus
  2. bang sundcard yg bagus itu kyk gmn ya
    mohon pencerahan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang rate samplesnya 44 khz - 96 khz kurang lebih. cari di blog ini aja..search soundcard

      Hapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.