Home » , » Cara beat mixing atau edit lagu memakai fl studio

Cara beat mixing atau edit lagu memakai fl studio

Terkadang memang kita ingin agar lagu pop yang slow kesukaan kita bisa di rubah ke versi lagu dj, agar lebih kenceng dan enak buat goyang. Selain aransement kembali semua instrumentnya, kita bisa dengan hanya mengedit beatnya saja. Yaitu dengan cara di ganti beatnya dengan beat lagu house, atau electro, bebas. Cara mudahnya dengan di beat mixing saja.

Cara beat mixing lagu dj

Cara Beat mixing atau edit lagu memakai fl studio bagaimana, Bro..? Untuk sekedar latihan Step beat mixing di bawah ini:
  • Cari lagu pop yang element musik-nya sedikit yang kita sukamisalnya suara drum kit-nya sedikitKenapa ? Biar gampang pada saat proses edit beatnya karena ente mesti buang beat aslinya (low) . Set lagu yang akan ente edit ke mixer fl, misal ke insert 1, lalu beri plugin parametric eq. Di efect parametric eq turunkan fader level yang sebelah kiri ke bawah untuk menurunkan frequence low lagu agar frequence low tidak beradu dengan beat.
  • Siapkan beat buatan ente atau loop 8 bar. Tempatkan ke dalam playlist> panjang 2 - 3 menit (bebas). Yang terpenting adalah sesudah beat intro.Tapi set dulu Bpm project. Misal 128 bpm untuk lagu house atau terserah ente bpm targetnya. Baca cara memasukkan audio sample di fl studio.
Silahkan lihat video cara membuat beat breakbeat, jika ingin merubah ke ketukan lagu breakbeat / break style.

  •  Masukan lagu yang akan ente edit ke fl studio, yaitu ke dalam playlist dengan insert audio atau lewat edison. Setelah itu atur penempatannya..Baca cara memasukkan lagu ke fl studio.
  • Selanjutnya adalah proses menyamakan tempo lagu yang akan di edit dengan Tempo/Bpm project atau proses sycn Tempo/beat-mapper. Abaikan dulu soal membuat bassline dan lainya yang penting proses Sycn tempo lagu yang akan di edit dengan beat telah sempurna (matching)..Jangan lupa hidupkan Metronome atau patokan beat. Baca postingan cara detect tempo lagu atau bpm memakai fl studio dan menyamakan bpm keduanya.
  • Set Snap--di playlist ke 1/6, 1/4 atau none--pada proses menyamakan lagu asli dengan beat ente agar mudah di geser menggunakan mouse sambil di play ( tekan spacebar), sampai bunyi keduannya pas. Lalu kembalikan lagi nilai snap ke Beat setelah lagu dan beat sama. Sabar di proses ini, karena terkadang banyak bagian lagu yang harus di potong agar sama. Lihat gambar di bawah jika belum tahu letak snap di fl studio. Sebelah kiri adalah snap di piano roll, sebelah kanan snap di playlist.

agar lagu di playlist fl  bisa di geser mudah

Baca postingan -- Cara memotong bagian lagu di playlist Fl, jika belum tahu. Berapa kali potong tergantung lagu yang akan di edit. Jika pada saat take vocal singer mengikuti tempo biasanya hanya sedikit yang di potong-potong untuk di sync dengan beat.

Terakhir setelah proses beat mixing lagu dan beat telah selesai dan yakin antara ketukan keduannya telah sync, maka project edit lagu harus di render ke file wave atau mp3. Untuk render agar jadi track lagu silahkan baca postingan : Cara menyimpan hasil kerjaan di fl studio, jika ente belum tahu cara render lagu di Fl.

Ok begitulah cara beat mixing atau edit lagu memakai fl studio software, semoga paham. Nanti akan ane bikin video tutorialnya. Sementara silahkan comment jika ada pertanyaan

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 03.35

0 comments:

Posting Komentar

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.