Home » , , » Cara membuat fade in di fl studio

Cara membuat fade in di fl studio

Dari kemarin ane lihat banyak yang tersesat di blog ini cari informasi cara membuat fade in di fl studio. Dalam hati ane mikir, ni orang cari cara fade in di bagian apa ya, pada instrument apa pada lagu yang sudah jadi. Ane curiga sih anak-anak band, yang cari informasi cara fade ini di fruityloop. Ok lah dari pada tidak dapat info ane kasih tutorialnya.

Tapi sebelumnya sekedar mengingatkan kembali pengertian Fade in adalan proses dari level bawah menuju tinggi atau proses yang membuat suara dari pelan ke keras. Proses fade in bisa dilakukan secara manual dan otomatis dengan perintah bahasa program. Dan kelebihannya di fl studio untuk fade in bisa kita buat dengan mudah agar proses menjadi otomatis ketika project di play ( realtime ). Sedangkan fade out adalah kebalikannya.

Cara membuat fade in di fl studio adalah dengan menggunakan fungsi automation clip yang berada pada menu klik kanan mouse pada tiap tool, vst bawaan software Fl studio. Agar mudah ane kasih cara bikin fade in untuk bagian awal lagu / project di fl studio yang sudah jadi.

Langkah-langkah fade in di Fl studio :

1. Pastikan posisi mode ada di song mode. Bukan pattern mode. Tekan F9 untuk ke mixer area, kemudian klik kanan fader master, kemudian pilih "create automation clip. Lihat gambar :

bikin Fade in di fl studio

Maka di playlist akan muncul control volume envelope master, biasanya ada di paling atas panjang sama dengan durasi lagu di project jika sebelumnya tidak di block pada area playlist. Seperti pada gambar di bawah ini :
Membuat fade in di fruity loop

Untuk membuat titik point untuk mengatur fade in, lebih baik patokan Bar agar rapi dan pas timingnya. Lebih jelasnya silahkan lihat video cara membuat fade in di bawah :



Itulah cara membuat fade in di fl studio yang simple silahkan ente pratekin sendiri sesuai petunjuk yang ane share. Untuk membuat fade out di Fl studio caranya sama saja tinggal di balik saja pengaturan volume envelope automation clip. Begitu juga dengan proses lainnya, entah akan membuat controler fader volume di mixer untuk channel atau membuat effect-effect dari vst plugin bawaan Fl studio. Harap di ingat kalau kita memakai plugin vst synth dari luar, fungsi klik kanan tidak aktif. Semoga membantu.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 08.59

5 comments:

  1. Terima kasih sangat membantu belajar fl..

    BalasHapus
  2. sangat" membantu ane nih bang hendry... mantappp gann

    BalasHapus
  3. makasih om, bukannya malas belajar nih, pada umumnya kalau lagu disco intro, lagu, sama outro nya berapa bar ya om, biar lebih harmonisasi gitu om.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 8 - 32bar.. rata2 di 16bar.. tergantung enaknya aja gimana..biasanya 45 - 1 menit intro.

      Hapus
  4. bang numpang nanya , setiap udah save lagu,, terus keluar en masuk lagi ko suara nya berubah kaya jadi oktaf terendah gitu.. besar besar,, ga kaya disave saat belum keluar... apakah pengaruh tempo enplove, tapi pada saat disave normal aja

    BalasHapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.