Home » , » Cara menentukan aliran musik DJ yang akan di mainkan

Cara menentukan aliran musik DJ yang akan di mainkan

Setiap Dj di seluruh dunia juga Indonesia tentu punya aliran musik / genre sendiri yang dia mainkan. Sebagai contoh aliran musik dj tiesto adalah trance, Progressive house, Hardwell aliran musiknya electro house dan Progressive house. Boby Suryadi - Progressive House, Devina, Yasmin ( Electro ). Bagi pemula yang belajar dj autodidak biasanya ini agak sulit mengingat belum paham benar tentang aliran musik DJ pada umumnya, agar tepat dengan market.

Cara menentukan aliran musik yang akan di mainkan sebenarnya cukup mudah jika kalian masih bingung.

1. Menentukan aliran musik dj yang tepat bisa dimulai dari diri sendiri :


Cara menentukan aliran musik DJ

Untuk menentukan aliran musik dj bisa dimulai dari mendengarkan lagu dj yang sudah ada yang biasa di mainkan para Dj senior, baik dj lokal maupun luar. Jangan dengarkan lagu dari satu dj saja untuk mencari mana yang cocok.

Dengarkan lagu dari banyak dj lebih bagus karena ini akan memberikan pilihan, dan dari sini kita bisa menentukan kira-kira mana yang paling kita suka. langkah awal bisa dengarkan lagu lewat site soundcloud.com, cari berdasarkan genre di kotak pencarian lagu di soundcloud. Kalian akan menemukan banyak judul lagu.

Kemudian fokus untuk latihan memainkan genre lagu tersebut sampai mahir, baik menggunakan usb dj controler atau alat cdj player manual. Misalnya cocoknya di lagu house, maka dapatkan / download lagu - lagu dj genre house. Bisa dari google kata kunci " download free house music for dj ". Judul lagu bisa lihat di - Tracklist lagu house enak.

Djing adalah seni yang berhubungan erat dengan kepribadian, memainkan aliran musik yang di sukai akan lebih maksimal saat tampil, ketimbang memaksakan diri dengan aliran musik yang tidak sehati. Dan ini termasuk type dj idealis bukan multi genre.

Baca article : Perbedaan dj idealis dan multi genre

2. Menentukan aliran musik DJ dengan cara riset market terlebih dahulu.

Target cari income dari job Djing.

Tujuan riset market di sini adalah untuk mendapatkan GIG yang tepat serta lagu yang pas untuk di mainkan, agar mendapatkan income / bayaran dari job profesi DJ. Jangan salah.. sebab profesi dj selain untuk hobi sekarang ini potensi income sangat bagus, bahkan artis pun pada ikut terjun ke dunia DJ.

 Riset market untuk cari tahu aliran musik dj apa yang sekarang ini sangat populer dan banyak di sukai orang. Baik untuk market daerah atau kota besar. Main ke club, tanya teman yang lebih berpengalaman untuk mendapatkan infonya.

Sekedar tips baca di sini : Genre lagu yang lagi hit 2015

Langkah selanjutnya setelah mengetahui genre lagu yang lagi populer, tinggal pahami dan latihan bagaimana cara memainkan aliran musik tersebut setelah tahu jenis musiknya. Karena beda style lagu, tentu berbeda pula cara memainkan. Sebab tiap lagu dj punya karakter sendiri. Tidak bisa lagu funkot misalnya di mainkan dengan teknik memainkan lagu style Edm. Akan terasa jadi aneh karena timingnya tidak tepat.

Cara lain menentukan aliran musik dj yang akan di mainkan nantinya adalah tanya pada instruktur tempat kalian kursus di sekolah dj, jika kalian belajar di sana. Instruktur yang baik dan paham kemampuan murid pasti akan merekomendasikan genre lagu yang tepat, selain lagu - lagu yang di berikan selama latihan ( karena untuk latihan biasanya lagu sudah di tentukan pengajar ).

Dj Tips :

Jika ingin mudah mendapatkan uang dari job dj sebaiknya pelajari cara memainkan banyak aliran / genre lagu dj yang umum di mainkan para dj agar ketika mendapatkan tawaran tampil tidak panik atau grogi karena tidak menguasai lagu. Saat tampil grogi akan fatal akibatnya. Keringat dingin dah..

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 04.24

0 comments:

Posting Komentar

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.