Home » , » Apa DJ harus gunakan laptop untuk djing ? Baca ini

Apa DJ harus gunakan laptop untuk djing ? Baca ini

Ane sering banget di tanya oleh para newbie yang lagi pada mau belajar dj. Apakah dj itu harus pake laptop / mac saat tampil ? Yang belum tahu dan paham ya wajar, bisa jadi mereka melihat dj senior tampil menggunakan laptop. Nah, article kali ini Ane coba menjabarkan apakah seorang dj itu harus pake laptop atau tidak.

Apa DJ harus gunakan laptop untuk djing ?

Jawaban apa dj itu harus laptop saat tampil adalah, bisa Ya dan tidak. Alasannya ?

1. Kenapa dj memakai laptop / mac :

Ini biasanya saat tampil menggunakan dj controler, yang mana proses mixing lagu dibantu oleh software DJ. Nah agar berjalan lancar maka software harus di Install di laptop atau mac, lalu di hubungkan ke dj controller yang di gunakan.

Keuntungan memakai laptop banyak. Salah satunya adalah dalam membuat playlist lagu - lagu yang akan dimainkan. Judul lagu, artist, key, bpm dan lainnya, bisa dilihat lewat layar di laptop dengan jelas, dari dalam software dj yang digunakan.

Jika menggunakan laptop, maka untuk data lagu mengambil dari hardisk. Ini lebih memudahkan dari pada dari cd audio.

Tapi tidak semua dj controller jika digunakan harus dengan laptop juga. Ada beberapa dj controller yang bisa gunakan untuk djing tanpa laptop. Contohnya Xdj R1, Xdj Rx pioneer, dan stanton scs 4dj. Lainnya masih banyak di pasaran.

2. Alasan DJ tanpa menggunakan laptop / Mac

Kebanyakan DJ tanpa memakai laptop dikarenakan pada alat apa yang digunakan. Umumnya para dj yang perform menggunakan cdj player. Yang mana sumber lagu berasal dari cd Audio atau Usb disk. Juga karena alat tersebut tidak mendukung koneksi ke laptop. Maka tak butuh laptop saat perform, kecuali untuk proses burn cd audio atau sortir lagu.

Contohnya cdj 100, 200, 800, dan cdj 1000 ( tidak mendukung koneksi ke laptop ). Beberapa cdj yang bisa dihubungkan ke software lihat di sini - cdj ke software.

Terkecuali alat dj keluaran terbaru, yang rata - rata dilengkapi dengan port usb, lan, wifi untuk dukungan koneksi ke laptop.

Alat dj keluaran terbaru bisa digunakan dengan, atau tanpa laptop ( contoh cdj 350, 900, 2000 nexus). Terserah yang menggunakan lebih nyaman yang mana. Yang jelas jika memakai laptop tentu butuh buget tambahan serta spesifikasi tertentu.

Baca : Tips laptop untuk dj disini

Jadi kesimpulannya apakah dj harus pake laptop untuk tampil ?

Jawaban pastinya tergantung pada alat yang digunakan. Jika membeli dj controller perhatikan apakah harus menggunakan laptop atau tidak. Jika menggunakan cdj player pastikan apakah alat tersebut mendukung untuk koneksi ke laptop. Seorang dj bisa bekerja dengan atau tanpa laptop saat tampil dihadapan audien.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 21.36

4 comments:

  1. bang ane mau nanya nih,,, cara bikin ketukan drum yang dari lambat sampe cepat sebelum beat drop itu gimana,,,?? thanks before...

    BalasHapus
  2. Bisakah controller dj kita menggunakan software yg terinstall di netbook bkn laptop?

    BalasHapus
  3. Bang mu nanya kenapa leptop ke alat dj ny gak mau konek
    Harus bagaimana cara ny

    BalasHapus
    Balasan
    1. bnyak faktor kalo gk bisa konek. Pengaruh kabel juga bisa, pengaruh driver controler yg belum di install ke laptop juga bisa jadi penyebab.

      Coba mulai dari download dulu dan install driver controller nya. sesuai Os nya downloanya. Mac atau windows.

      Hapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.