Home » , , » Cara install Fl studio 12.3 update yang benar

Cara install Fl studio 12.3 update yang benar

2 hari yang lalu Fl studio 12 telah update ke versi 12.3, lebih mantap, dan sudah Ane install karena tergiur fitur barunya. Salah satunya adalah sekarang bisa real-time audio stretching. Info lengkapnya tentang fitur baru apa saja yang perbaiki dan di tambahkan , langsung lihat video di bawah aja. Sekarang Ane mau share saja tentang cara install fl studio 12.3 update yang benar. Sudah punya belum ?


Download Fl studio 12.3 di sini

Jangan sampai kehilangan data dan pengaturan - pengaturan yang sudah di set di versi sebelumnya. Gara - gara asal next saja pada saat install, tanpa sadar reset setting ( clear setting ). Karena bisa merepotkan harus setting ulang. Seperti daftar vst plugin, patch samples, dan lainnya.

Jadi agar tidak repot setelahnya, cara install update terbaru Fl studio 12.3 sebaiknya seperti gambar dibawah ini :

Cara install Fl studio 12.3 update yang benar

-- Cukup pilih "migrate previous setting ". Ini maksudnya akan tetap membiarkan pengaturan di Fl studio versi sebelumnya. Jangan di next langsung, karena secara default terpilih "clear" / reset ulang dari awal. Jika di clear data Vst plugin dari luar yang telah kita install dan ada di list plugin akan hilang.

Jadi kita harus memunculkan kembali dari awal. Bayangkan saja jika sudah terlalu banyak yang di install. Bikin repot kan...

- Jika sudah di centang migrate previous setting, langsung di next saja sampai selesai. Maka semua pengaturan akan tetap aman setelah Fl di buka kembali.

Update penting di Fl studio 12.3 :

Yaitu Real-time audio stretching. Keuntungannya adalah seperti di dalam video di atas, yaitu jika kita merubah tempo master / bpm segala tipe audio yang ada di playlist akan otomatis mengikuti. Tidak seperti sebelumnya harus di jawab " yes ", pada pesan "re-stretch all channel now".

Dan untuk newbie yang mengalami kesulitan pada proses menyamakan tempo vokal dengan beat, dengan adanya real-time audio stretching ini akan jadi lebih mudah.

Cukup klik kiri, tahan dan tarik ke kanan agar tempo vokal sama dengan beat. Tapi jangan lupa aktifkan fitur " stretch " di pojok kiri atas playlist.. Lihat gambar dibawah.

cara gampang menyamakan tempo vokal dengan beat di Fl studio

Berdasarkan tes yang Ane lakukan dengan menggeser ujung vokal ke kanan, tempo vokal bisa sama dengan tempo / bpm project dengan mudah ( matching ). Coba saja..

Tapi jangan lupa setelahnya di non aktifkan lagi fitur stretch itu agar jika salah klik atau geser tidak berubah lagi.

Begitulah info tentang cara install Fl studio 12.3 update terbaru yang bisa Ane share buat kalian agar tidak salah langkah. Yang akibatnya jadi repot sendiri nantinya. Ini pengalaman Ane dulu waktu pertama kali update..

Tapi jika baru pertama kali install fl studio, langsung di next saja tidak masalah. Cara di atas khusus untuk yang update saja.. Semoga bermanfaat. Jangan lupa share postingan ini ya....

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 03.09

1 comments:

  1. Bro ane mau tanya2 soal dj, khususnya dalam pembuatan lagu di fl studio. Ane minta contact ente, WA atau Line

    BalasHapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.