Home » , » Penyebab lagu jadi mendem dan kurang bersih hasil render di Fl studio

Penyebab lagu jadi mendem dan kurang bersih hasil render di Fl studio

Hal yang paling menjengkelkan dan membuat tidak semangat bikin lagu di Fl studio adalah ketika hasil render lagu, kualitas suaranya mendem ( terdengar kedalam ). Kenapa bisa mendem suaranya ? Banyak faktor penyebab lagi jadi mendem dan kurang bersih, dan untuk mengatasi ini butuh kesabaran untuk mengecek dan menganalisa bagian instrumen yang mana yang terdengar mendem ?

Dan salah satu sebab kenapa hasil kualitas lagu tidak bagus adalah pada bagian mixing, ini yang selama ini Ane alami, sehingga harus mengulang prosesnya sampai dapat hasil bagus. Jika mixing sound belum benar maka hasilnya juga kurang bagus, mendem, suara lagu kecil, dan lainnya. Tapi ada beberapa hal lagi penyebab lagu mendem suaranya, di antaranya :

1. Sound Card yang digunakan kurang mendukung.

Penyebab lagu jadi mendem dan kurang bersih hasil render di Fl studioBagian ini Ane tidak bisa menerangkan secara detail, mungkin di sebabkan dari kinerja sound Card. Soalnya Ane tes Render menggunakan onboard sound bawaan Pc kualitas jelek padahal setingan Fx, mixing dan lainnya sudah bener. Lalu tes Render menggunakan sound Card Audiofire 2 dengan Setingan yang sama di Fl studio, hasilnya sangat berbeda.

Lagu menjadi bagus tidak mendem kualitas jernih dan tebal suaranya. Ane sih mengambil kesimpulan bahwa sound Card onboard Pc dirancang bukan untuk audio rekaman atau mastering. Jadi khusus untuk output mendengarkan lagu saja sehingga Bit Dept kurang. Lebih baik pertimbangkan untuk membeli sound Card yang berkualitas bagus, biasanya sample rate kisaran 44 - 192 khz.

2. Pemilihan data source instrumen kurang tepat 

Sebenarnya jika data samples bagus maka hasil suara akan bersih. Ini yang kadang kita tidak jeli dalam memilih suara pada Vst plugin atau one shout sample. Mungkin juga kurang bahan jadi memakai data samples apa adanya. Untuk ini perlu eksperimen dengan mengganti data source samples / Vst Instrumen pada channel yang menjadi penyebab lagu mendem. Di bagian ini harus benar-benar di dengarkan. Termasuk suara dari Vst plugin yang ada fx Reeverb, delay, dan lainnya, ini juga kadang jadi penyebab lagu jadi mendem / kurang clear. Dengarkan dengan teliti apakah harus ada Reeverb atau tidak, atau atur lagi reeverbnya.

3. Channel suara Terlalu banyak di Kompres oleh Plugin Fx ( Over compressor )

Menggunakan Fx Compressor Plugin pada mixer di setiap channel memang penting, untuk mengangkat suara atau menahan Frekuensi yang berlebihan. Tapi jika tidak teliti justru suara instrumen malah akan tertahan kedalam ( tersedot ), walaupun saat di play realtime suara bagus tapi saat Render compressor plugin akan memproses kembali. Sebaiknya pahami dulu cara kerja plugin compressor yang di gunakan.

Baca postingan : Perlukah memakai Plugin compressor saat mixing

Terkadang tanpa Effect plugin compressor instrumen sudah bagus. Selama mixing sound pengalaman Ane sebelum di beri Vst effect harus di dengarkan dulu secara realtime apakah harus di tune up menggunakan plugin lagi atau tidak. Tes dengar suaranya dengan atau tanpa plugin.

Kesalahan ini biasanya di lakukan oleh anak band yang mencoba membuat lagu DJ, dan menganggap setingan sound lagu DJ sama dengan band. Misalnya Drumkit di compres jadi satu ( di groub ) tanpa di mixing dulu secara terpisah. Jadi plugin compressor juga bisa jadi penyebab hasil render mendem jika salah pengaturan.

4. Kebanyakan memakai samples loop, dan tidak membuat step squence sendiri

Ini paling banyak di lakukan oleh para newbie yaitu ketika membuat lagu, kebanyakan hanya menggunakan loop samples. Dan asal masukin samples loop sehingga numpuk yang penting rame dan lagu padat. Bagaimana suara lagu akan bersih jika terlalu banyak loop di masukin ? Masing - masing samples loop punya frekuensi hight, mid sendiri, jika di tumpuk maka akan menyebabkan lagu tidak bersih. Buang loop yang tidak begitu diperlukan, penyebab lagu tidak bersih. Atau lebih baik buat instrumen sendiri jadi lebih gampang mixing soundnya. Kuping harus jeli.

5. Pengaruh Speaker monitor atau saat mixing hanya memakai Headphone

Penyebab lagu mendem juga bisa karena pada saat mixing hanya menggunakan Headphone yang cakupan frekuensi terbatas. Jika di headphone terdengar bagus, clear, loud cukup, gain, dan lainnya, belum tentu pada saat di play di speaker akan bagus. Apalagi jika lagu di putar di sound sistem besar. Jadi agar tidak mendem dan lagu jadi bersih sebaiknya pada saat mixing harus di dengarkan bukan hanya di Headphone. Dobel di headphone dan speaker, agar jelas apa kekurangannya.

Juga perhatikan Headphone yang di gunakan, Sebaiknya beli Headphone khusus studio monitor ( semi flat ) yang sekarang banyak di jual di toko studio recording. Jika budget terbatas beli saja yang harga standar.

Baca : Info Headphone studio monitor murah untuk mixing, harga terjangkau.

Nah.. Speaker monitor juga sangat penting agar hasil render di Fl studio jadi bersih, tidak mendem, jika di play di lain tempat. Bisa saja kita menggunakan speaker biasa asal tahu karakter suara speaker tersebut. Tapi lebih baik gunakan speaker monitor khusus yang Flat agar bisa mendengar keluaran suara lagu dengan detail saat proses mixing, sehingga tidak tertipu.

6. Di master mixer tidak di beri Vst Effect khusus mastering

Plugin untuk mastering lagu sangat banyak seperti yang sudah pernah Ane bahas di blog ini. Salah satunya adalah produk Izotope ozone , plugin ini banyak digunakan oleh para producer musik didunia. Di bagian mixer master sangat penting harus di beri effect khusus mastering agar loudnes pada lagu terangkat, low, mid, dan hight di boost oleh plugin.

Selain produk Izotope kita bisa juga menggunakan plugin Fx buatan waves, Mastercomp, Slate digital FG, dan lainnya. Di dalam plugin tersebut terdapat preset referensi setingan sound, sehingga dengan mudah kita bisa menggunakan agar lagu jadi bersih dan tidak mendem. Namun tetap harus eksperimen agar dapat pengaturan suara yang tepat. Presset bawaan Plugin belum tentu cocok dengan lagu yang sedang kita kerjakan.

Jadi intinya jangan lupa untuk memberi Fx plugin untuk mastering di bagian mixer master di Fl studio. Itulah beberapa poin yang bisa Ane bagi buat teman-teman yang mengalami kendala hasil render di Fl studio mendem atau kurang bersih. Jika ada yang mau menambahkan silahkan comment.

Hendryal
Hendry Al Updated at: 16.05

6 comments:

  1. wah thankz postnya..oya dj tolong smua artikel mlik dj d kunci aj biar gk ad yg copas..ane trmsuk pgunjung setia jd klau ane liat ad yg copas pux ente ane risih jdix

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sob..thank dah sering mampir dimari..dah ane kunci kok..gk bisa select text..

      Hapus
  2. mas , bukannya soundcard hanya untuk rekaman ya ? trims

    BalasHapus
  3. kenapa suara mendap saat di record di virtual dj mas?apa penyebab nya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba record ke format wave.. sound seting ke assio4all

      Hapus
  4. terus berkarya dengan postingan postingan fl studio mas hendryy , kita bisa sama-sama belajar hehehe

    jangan pernah bosen berkarya !!!

    BalasHapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.