Home » , , » Ini perlengkapan Dash Berlin membuat lagu

Ini perlengkapan Dash Berlin membuat lagu

Dash Berlin merupakan DJ terkenal dan produser musik elektronik dari Belanda. Nama Dash Berlin mulai menjadi populer di musik elektronik ketika lagu dengan judul Till the Sky Falls Down yang dirilis pada tahun 2007 mampu menduduki peringkat pertama tangga lagu yang ada di seluruh dunia. Mungkin kalian penasaran kira - kira perlengkapan dash Berlin untuk membuat lagu apa saja ya ?

Juga lagu Waiting ( dash berlin remix ), lagu ini sampai sekarang masih suka dimainkan dj di Indonesia. Genre lagu yang di buat adalah Trance, progressive trance. Mau niru ?

Berikut ini merupakan perlengkapan Dash Berlin membuat lagu:

a. Software Daw

1. Aplle Logic Pro 9 dan Ableton Live 9 ( Daw )

Dash Berlin mengatakan dia producing menggunakan Logic pro 9 dan Ableton live untuk Mashup, edit, mixes, live set dan lainnya. Ane intip di twiter dia.. hehe. .Ternyata dia tidak memakai Fl studio..

b. Vst Plugin yang gunakan :

1. D16 group LuSh-101 Software Synthesizer

Perangkat lunak ( plugin ) yang satu ini memang bisa membuat banyak orang terhipnotis untuk memilikinya. Dash Berlin sendiri mengatakan bahwa dia sangat puas dengan menggunakan vst D16. Plugin ini memang memiliki keunggulan yang disukai oleh para DJ dan musik produser. Dimana sound - soundnya sangat bagus dan cocok untuk semua genre lagu dj.

Sama dengan Vst plugin Sylenth1, harus menggunakan software Daw agar bisa menggunakannya. Contohnya Fl studio 12. Lihat video dibawah demo soundnya :



2. U-he Diva Plugin

Vst plugin instrument ini juga sangat bagus sound bank didalamnya cukup banyak dan cocok untuk membuat genre lagu apa saja. Suara tebal, dan interface sangat mudah jika ingin custom desain sound sendiri. Tapi menurut Ane sendiri setelah tes suara - suara yang ada didalamnya lebih bagus untuk membuat lagu progressive house, Trance, deep house. Itulah kenapa dash Berlin menyukai U-he diva, karena sesuai dengan karakter musik yang dia buat.

Uhe diva plugin ajip suaranya


3. KV331 audio synthmaster

Apalagi vst plugin ini.. Beuuuh... sound ajip gila. Padat, tebal dan lebar, dengan banyak soundbank untuk membuat lagu genre apa saja tersedia di Kv331 synthMaster. Cuma sayang setelah Ane tes untuk membuat lagu butuh Ram besar, cukup menyedot perform pc ( gunakan yang versi 64 bit agar enteng ). Sehingga bikin berat saat proses bikin lagu. Tapi untuk suara top habis.. dan interface cukup lengkap untuk desain sound, karena ada fitur 2 layer.

Silahkan dengar sendiri suara - suara yang ada di synthmaster plugin di video ini :


4. ReFx Nexus

Nexus sudah tak asing lagi bagi para musik producer dunia karena soundbank dan kualitas suara yang di dalamnya. Termasuk Ane sendiri juga memakainya. Baca disini - Refx nexus lebih lengkapnya tentang nexus, dari cara install dan seperti apa suara - suaranya.

c. Hardware :

1 Trackformer XW-PD1

Alat ini sangat menyenangkan dan penggunaannya juga sangat mudah. Anda bisa memainkan alat ini tanpa harus membuka buku petunjuk yang rumit. Ketika Dash Berlin mengawali karir sebagai DJ, dia harus merekam menggunakan kaset dan meletakkan kaset tersebut secara teratur agar bisa mendapatkan sampel. Salah satu kehebatan alat ini adalah alat modern tetapi memasukkan cara yang sama seperti dulu.

Alat ini sangat intuitif sehingga kreativitas seseorang bisa lebih mengalir ketika menggunakan alat ini. Bagi Dash Berlin, tantangan seorang DJ adalah bagaimana menciptakan suara dan efek yang baru dalam sebuah musik. Dengan menggunakan alat hebat ini, kita bisa dengan mudah melakukan hal tersebut. Alat ini bisa dibawa ke mana pun.

ini alat yang dipake dash berlin Trackformer XW-PD1Enaknya alat ini bisa di pangku, ada tali khusus yang bisa di kaitkan agar tidak jatuh. Jadi kita bisa bergerak sambil mendengarkan musik yang kita buat. Karena terkadang ide seorang DJ / musisi bisa muncul di mana saja. Seorang DJ tidak bisa hanya duduk diam di studio. Dia memerlukan inspirasi.

Inspirasi tersebut bisa muncul di mobil, kereta, atau di bus sehingga kita memerlukan alat ini untuk dibawa ke mana saja. Alat ini memerlukan baterai, tetapi alat ini juga bisa menggunakan adaptor.

Jika kita bawa alat ini keluar, hanya perlu memasang baterai. Dengan salah satu perlengkapan Dash Berlin membuat lagu ini kita bisa pergi jalan - jalan untuk menemukan ide-ide baru untuk membuat musik.

Bisa juga di isi efek, suara, dan samples yang sudah kita buat ke dalam alat Xw -PDI. Dan ternyata alat ini selalu dibawa oleh Dash Berlin di setiap pertunjukan yang dia lakukan. Jadi dengan alat ini kita bisa membuat komposisi / aransemen sendiri dengan proses yang cepat. baik itu membuat sampel, mencari part lagu yang ingin di ambil, menambahkan musik yang lain, memainkan lagu, dan masih banyak lagi.

 2. Bose QuietComfort 15 Acoustic Noise Canceling Headphones

Headphone ini Dia gunakan untuk meredam suara - suara bising di sekitarnya, saat dash berlin membuat lagu atau mixing. Pengen punya juga Ane. Hehe..Tapi sayangnya produk ini sudah discontinued, dan entah di Indonesia ada yang jual atau tidak. Lebih tepatnya fungsi headphone bose quiet comfort ini untuk monitoring suara.

3. V-Moda Crossfade M-100s Headphone

V-Moda Crossfade M-100s Headphone di pake Dash berlinAlat ini mempunyai desain yang modis. Headphone ini memang mempunyai kesan yang fashionable. Alat ini dibuat dari metal sehingga mempunyai konstruksi yang kuat. Kualitas suara yang dihasilkan juga lebih bagus dan sangat jernih. Headphone mempunyai metal faceplate yang bisa kita ubah sesuai dengan keinginan kita.

Perlengkapan Dash Berlin membuat lagu ini mempunyai dua kabel untuk smart phone dan satu lagi berfungsi sebagai monitoring. Suara bass yang di hasilkan akan terdengar jernih di kuping. Tapi, oleh Dash berlin headphone biasa dia gunakan untuk live perform mixing.

4. Keyboard dan Synthesizer yang dia gunakan

Setelah cek di twiter Dash berlin Ane lihat ternyata dia memakai :

Roland SH-101 Synthesizer dan Access Virus TI Desktop Synthesizer. Ini dia penampakannya :
Dash berlin memakai Access Virus TI Desktop Synthesizer

Untuk detail kelebihan dan fitur - fitur keyboard synthesizer yang dia pakai silahkan gogling aja sob. Yang jelas keyboard ini sudah terkenal karena kualitas sound yang ada di dalamnya. Termasuk di dalam Vst plugin Refx nexus, Sylenth1, Disco rock, terdapat sound bank yang suara - suaranya di ambil di keyboard Virus Ti ini. Ajiiip pokoknya dah..

5. Sound card

Untuk audio interface dia menggunakan MOTU 2408 mkII Rackmount audio interface. Untuk harga Ane belum tahu pastinya soundcard ini. Mungkin kisaran 3 - 5 juta.

Pake window apa Mac dia ?

Ternyata dia memakai Os mac : Apple MacBook pro with retina display dan Apple Mac pro ( desktop ), dan LaCie Rugged USB 3.0 Portable External Hard Drive.

Masih banyak alat lain yang digunakan oleh Dash Berlin sebenarnya. Sebagai DJ dan produser yang sangat terkenal Dash Berlin telah mempunyai alat DJ yang canggih. Beberapa perlengkapan Dash Berlin membuat lagu atau remix tersebut telah berhasil mengantarkan Dash Berlin mendapatkan berbagai penghargaan dalam dunia musik elektronik dan masuk ke dalam Top 100 DJ.

Mudah - mudahan ini jadi reference buat kalian yang lagi cari info tool yang di gunakan dj producer terkenal untuk membuat lagu. Baca juga : Tool yang di gunakan Hardwell

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 01.00

4 comments:

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.