Home » , » Mengenal mixer dj dan fungsinya untuk mixing lagu

Mengenal mixer dj dan fungsinya untuk mixing lagu

Salah satu alat vital seorang dj dalam menunjang aksinya selain cdj player adalah adanya mixer dj. Mixer dan cdj player adalah satu set tool untuk dj. Mixer berfungsi untuk proses mixing, equalizing, antara lagu pertama dan kedua dan lainnya. Agar perpindahan lagunya halus. Sedangkan cdj player untuk memutar lagunya. Untuk teman-teman yang belum mengenal mixer dj, mari kita bahas dari mixer dj dan fungsinya dari yang paling standar dan simple terlebih dahulu sebelum menggunakan mixer yang lebih canggih yang banyak feature di sediakan:

mengenal mixer djm 300s untukpemula

Ini mixer djm 350s pioneer, model lama/ classic, tool dj yang paling simple dan mudah di pahami serta di gunakan. Kecil, enteng dan praktis sekali digunakan. Ada 2 warna yang pertama seperti di atas, dan yang kedua warna hitam. Cocok sekali untuk dj pemula, karena hanya terdiri dari 2 channel untuk proses mixing lagu. Ok, kita bahas fungsi tombol mixer djm 300s pioneer.

Mixer djm 300s dan fungsi tombol

Bagian penting tombol mixer djm 300s yang sering di gunakan oleh dj pada saat mixing lagu :

Tombol Equalizer :

Bagian yang ane beri kotak warna merah tombol-tombol berfungsi untuk seting equalizer lagu. Low = Bass , Mid= Midle, Hight : Trebel/ frequence tinggi ( suara hi hat..cekke ces, ces). Di bagian inilah seorang dj melakukan balancing antara lagu pertama dan kedua, sehingga pada saat pergantian lagu menjadi halus. Tombol paling atas 'Trim = Gain / volume. Berfungsi untuk menambah gain lagu apabila lagu di antara ke dua channel pelan dengan syarat apabila volume mentok tapi gain kedua lagu tidak bisa sama.

Volume Level ( Kotak warna putih)

Tombol itu digunakan untuk proses mixing, menaikkan dan menurunkan volume, posisi di atas berarti lagu sedang aktif keluar speaker. Posisi di bawah berarti lagu kedua, dan pada saat akan ganti lagu seorang dj akan mengerakkan keduanya secara pelan-pelan. Tapi tidak berbarengan, karena menunggu waktu yang tepat.

Preview channel ( Bulatan warna hitam)

Tombol ini untuk preview / mendengarkan lagu yang akan di mixing dari cdj pada channel 1 atau 2. Untuk mendengar lagu di channel 1 maka, tombol ch-1 harus aktif / on. Untuk mendengar 2 lagu dari headphone maka kedua tombol harus di aktifkan.

Monitor level 

Ini berfungsi untuk pengaturan autput suara ke headphone. Posisi knob di tengah maka 2 lagu akan terdengar. Jika satu lagu, cukup ke kiri atau dan kekanan, dan sebaiknya pada saat mixing lagu posisi harus ditengah. Karena untuk mendengarkan apakah  2 lagu yang akan di mixing telah sama atau belum ketukannya.

Crossfader

Tombol cross fader digunakan untuk cross output suara dari channel 1 dan 2, atau untuk balancing ke dua channel. Jika posisi di tengah maka keluaran suara akan di tentukan dari volume level yang naik. Jika posisi cross fader di sebelah kiri maka hanya channel sebelah kiri saja yang suaranya keluar dan sebaliknya. Tombol crossfader ini sering di gunakan dj untuk scratching.

Master level

Ini control volume untuk mengatur keluaran suara ke speaker monitor. Jika posisi knob di 0 maka suara tidak akan keluar ke speaker.

Tombol lainnya adalah mic level ini untuk pengatur keluaran suara dari microfon yang di hubungkan ke mixer djm 300s. Microfon di gunakan dj untuk talking pada saat akan perform atau untuk cuap--cuap agar membuat acara party lebih meriah.

Ok, sob itu lah beberapa tombol mixer dj dan fungsinya untuk mixing lagu yang dapat ane share. Ada baiknya sebelum terjun ke dunia dj kita mengenal mixer dj yang di gunakan dan tahu fungsinya. Semoga menambah wawasan bagi yang belum pernah menggunakan mixer analog dj.

Jangan lupa baca juga postingan : Apa fungsi tombol cue di cdj 1000, karena kedua alat ini saling berkaitan.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 00.19

5 comments:

  1. Mau nayak nih, apa perbedaan GAIN/TRIM dengan Master volume...,

    BalasHapus
    Balasan
    1. gain/ trim untuk mengatur volume lagu di tiap channel mixer. Misal lagu kedua di channel mixer a volume suaranya pelan, sedang di channel mixer b besar. Jadi untuk menambahkan volume lagu di channel a menggunakan Gain / trim itu. Sedangkan master volume untuk keseluruhan suara.

      Hapus
  2. mas bro hendry,aku mau tanya voxoa S70 itu bagus apa gak kalo di pake perform.mohon pencerahannya thanks mas bro.

    BalasHapus
  3. Gan gue kan mau beli alat dj buat pemula biar bisa belajar sambil main dirumah enaknya alat dj apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung bugetnya.. kalo dj bawah 5jt ya beli dj controller aja.. kaya numark mixtrack pro, ddj sb pioneer dan lainnya.. cari di blog ini pernah bahas.. ketik digoogle " dj controler di bawah 5 juta

      Hapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.