Home » , » Agar semangat bikin lagu lagi di Fl studio

Agar semangat bikin lagu lagi di Fl studio

Namanya membuat lagu pasti ada saat dimana kita kehilangan semangat, dan kadang tidak tahu harus melakukan apa. Mungkin dia lelah...Nah ada beberapa hal yang bisa kita lakukan agar semangat itu timbul lagi, selain jalan - jalan. yang kita lakukan ini masih berhubungan dengan musik, agar semangat membuat lagu lagi di Fl studio, ada beberapa tips, diantaranya adalah.

semangat bikin lagu lagi di Fl studio

1. Cari plugin baru, Instrumen atau Effect, juga koleksi samples.

Di internet sangat banyak sekali informasi plugin baru yang mungkin belum kita punya, apa saja plugin vst sebagian bisa lihat pada posting plugin synth 2015, yang pernah ane share sebelumnya. Bisa jadi kejenuhan bersumber dari koleksi plugin yang sedikit sehingga sound yang digunakan itu - itu saja. Membosankan sekali rasanya. Ane sering kali ketika jenuh, dan timbul rasa malas, lalu dapat ide membuat lagu atau remix berawal dari hanya cari plugin baru kemudian cek apa saja sound yang disediakan.

Untuk dapat plugin gratis bisa baca article : Tempat download vst plugin gratis.

Untuk koleksi samples pack juga penting, karena setiap hari selalu saja ada pembuat samples sound yang baru dengan kualitas suara yang mengikuti perkembangan musik yang hit. Rajinlah browsing cari info samples pack yang baru agar update. Terkadang ide musik bisa dapat dari mendengar suara -suara samples yang belum pernah kita dengar. Jangan sayang duit untuk membeli samples karena butuh modal untuk membuat hasil karya lagu yang bagus. Bisa saja kita desain sound sendiri tapi itu butuh waktu, tenaga, dan skill. Yang ada jika tidak tahu ilmunya malah hanya berputar - putar saja tanpa menghasilkan apapun.

2. Cobalah pelajari dan gali lagi Fitur yang ada di Fl studio.

Bisa dibilang bahwa Fl studio ini meskipun dari WorkFlow ( gambar diatas ) terlihat simple penggunaanya, tapi jika kita gali lebih dalam banyak sekali fitur - fitur yang bagus dan belum diketahui fungsinya. Dalam hal ini kita bisa tekan F1 ( help), baca -baca lagi apa fungsi - fungsi fitur yang ada di Fl studio, karena mungkin ada sebagian fitur bagus tapi terlewatkan. Contohnya tool Granulizer, Fx love philter, dan lainnya. Terus terang selama terus menggali Fl studio ane banyak menemukan Fitur yang simple tapi sangat berguna.

Agar semangat bikin lagu lagi di Fl studio

3. Tentukan target membuat lagu dan menjualnya.

Seorang pembuat lagu pasti punya tujuan selain hanya hoby, yaitu menjual lagu - lagu hasil karyanya ke toko musik, online music store yang tujuannya jelas untuk mendapatkan uang dari hasil penjualan lagu. Meskipun lagu yang dibuat tanpa vocal hanya instrumen khusus lagu electronic dance music ( EDM ), tapi jika bagus untuk perform dj pasti akan ada yang membeli.

Sekarang ini peluang besar khusus untuk lagu dance electronik sejak ada event DWP, setiap tahun di Jakarta. Nah, jika kita punya target agar selalu bisa jual lagu pada tiap minggu, bulan, tentu semangat bikin lagu lagi di Fl studio akan timbul karena termotivasi dapat uang. Target ini sangat penting agar bisa melawan rasa malas berkarya. Misalnya targetkan, dalam 1 - 3 hari, seminggu, sebulan, minimal 1 lagu jadi dibuat.

4. Jangan pedulikan prosesnya yang penting hasilnya.

Sering kali Ane dapat keluhan dari teman - teman tentang susahnya membuat lagu di Fl studio, pusing tidak bisa - bisa padahal belum lama belajarnya. Untuk pemula teruslah pelajari fitur di fl studio dengan sabar dan juga kembangkan ilmu musik, bisa jadi masalahnya karena kurang menguasai software yang digunakan sehingga semangat jadi turun. Atau sebaiknya cari guru yang sudah mahir, karena ini lebih mempercepat proses.

Ingat sesuatu yang baik pasti ada proses yang harus dibayar, so, jangan pedulikan prosesnya yang penting hasilnya nanti, teruslah gali potensi diri dan software Daw yang digunakan. Lambat laun pasti akan berhasil. Seorang Alesso pun musik produser handal, kabarnya dalam membuat lagu butuh waktu 1 bulan agar hasilnya sempurna.

Itulah sekedar tips agar semangat lagi bikin lagu di Fl studio atau software daw lainnya yang digunakan. Ini hanya tips selanjutnya terserah Ente. Semoga bermanfaat.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 09.28

9 comments:

  1. gan.. kalau misalnya kita buat musik EDM.. terus sebagian melodinya..kita pake free melody yang di share di youtube.. apakah itu illegal..?? atau dapat menghambat proses saat kita akan menjual lagu kita ke situs penjualan lagu terkenal..??
    Mohon Penjelasanya Gan... Ane masih Newbie di bagian melody.. jadi butuh sedikit ide dari orang lain.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya gk papa sob..kalo dia dah dishare free biasanya juga kan ditulisin "free samples creative common"..or Free royalty to use..Baca dulu licencenya. Tapi sebaiknya buat jaga2 di plencengin dikit melodinya..kalo bentuknya loo 4 - 16 bar..ambil saja bagian 8 barnya asal ada bedanya..

      Hapus
  2. Apa bisa kalo cuma mengandalkan keyboard pc saja? Karena belum punya dana membeli keyboard controller. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya bisa sob...Ane aja cuma pake keyboard pc nggak pake controller..

      Hapus
  3. permisi bang hendry,,, saya mau bertanya...
    ini ada permasalahan ntah pada laptop atau FL Studio saya...
    ketika lagi prosses membuat lagu kadang saya sering sambil facebookan biar gak jenuh,,, nah tapi masalahnya sekarang ketika di FL Studio di "Play" terus ane pindah tab ke FB suaranya langsung mati dan nyendat lagunya... ketika kembali ke FL studio baru mau jalan lagi,,,, kan pengen sambil denger denger juga biarpun lagi facebookan ... Dulu bisa bisa aja tapi gak tau sekarang begitu ... Tolong arahannya bang terimakasih sebelumnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. audio setingnya di atur "auto close"..di sebelah kanan pengaturan audio letaknya..dibawah sample rate

      Hapus
    2. terima kasih banyak bang ,, udah bisa :)

      Hapus
  4. Bang mau tanyak saya pakek fl studio 11 kalok automate tempo nya dari 180 ke 130 kok samplernya berubah semua suaranya bang setiap baru bukak projeck nya???

    BalasHapus
  5. Master , bikin tutorial mixing biar kaya bule dong suaranya please... Hehe

    BalasHapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.