Home » , , » Kenapa harus setting Equalizer saat mastering lagu di Fl

Kenapa harus setting Equalizer saat mastering lagu di Fl

Kenapa harus di Eq saat mastering lagu ? Menjawab pertanyaan teman yang kemarin datang ke tempat Ane curhat masalah lagu dia yang hasilnya masih kurang bagus setelah di render ke wav. Setelah ane cek ternyata projectnya ternyata sama sekali tidak di setting ulang tiap channel instrumennya.

Jadi apa adanya, channel dari vst sytrus, nexus dan lainnya. Bagaimana akan bagus hasil lagunya jika tidak di atur lagi. Karena tujuan di mastering adalah agar kualitas suara lagu jadi bagus dan jika di putar di sound sistem mana pun keluaran suaranya pas. Tidak kebesaran, kekecilan atau mendem.

setting Equalizer saat mastering lagu di Fl

Yang belum tahu di eq maksudnya apa yaitu tiap channel di setting lagi dengan cara di set ke mixer Fl studio, kemudian di beri vst plugin dan di olah lagi keluaran suaranya, dengan cara memanfaatkan fitur - fitur pada plugin Effect yang digunakan.

Contohnya untuk eq drum kit bisa menggunakan parametric eq ( baca cara setting eq kick ).

Kenapa harus di eq saat mas-tering alasan sederhananya adalah agar  seimbang / balance pada frekuensi low. mid, hight pada tiap instrumen lagu, untuk membuang frekuensi suara yang tidak penting. Intinya lakukan proses pewarnaan suara pada tiap channel melalui proses equalizer saat mastering, jika setingannya benar hasil lagu akan bagus. Ini pengalaman Ane saja selama mastering lagu di Fl studio, di luar sana pasti banyak tips yang lebih baik.

Tapi tidak semua channel harus di EQ, tergantung apakah sudah bagus atau belum keluaran suaranya. Proses eq saat mastering lagu di lakukan ketika kita dengar suaranya masih kurang bagus.

Walaupun mastering menggunakan vst plugin ozone yang komplete fiturnya ( eq, compresor, dynamic, reeverb dan lainnya ) tetap harus di eq lagi agar hasil maksimal. Kesalahan yang sering ane lihat, teman - teman saat mastering menggunakan ozone, sebelumnya pada tiap channel belum melakukan proses eq.

Jadi ketika di render keluaran suara tiap instrumen banyak yang pada numpuk di tengah. Bass kurang tebal lah, suara vocal tengelam, kurang hight. Dan ada juga suara kick terdengar ngegulung.

Biasanya menggunakan Plugin Fx apa untuk proses Eq ?

Untuk bawaan Fl studio bisa menggunakan Vst plugin Parametric eq 2 pada single channel ( set channel ke mixer dan tambahkan plugin itu ). Ane sering menggunakan plugin bawaan Fl studio ini untuk proses Eq saat mastering.
Plugin untuk Equalizer - eq 1 A tubtech
Eq 1 A equalizer

Jika memakai plugin external di luar Fl bisa menggunakan plugin Tube-tech compressor, Eq 1 A parametric equalizer ( lengkapnya di sini produk tube tech ). Bisa juga menggunakan plugin produk dari waves, contoh wave mercury. Search di google umum banyak sekali plugin khusus equalizer yang mantap.

Analisa keluaran suaranya :

Setelah di Eq analisa kembali keluaran suara tiap channel dengan teliti dari speaker dan headphone. Kira kira kurang apa, jika masih belum bagus lakukan kembali proses eq sampai benar-benar tepat suaranya.

Dan ini lah tujuan utama dari mastering lagu : Mempersiapkan lagu untuk di distribusikan ke banyak orang dengan kualitas suara yang bagus. Apalagi jika ingin di jual di online store musik, dimana kualitas suara harus benar-benar bagus.

Kesimpulannya kenapa harus setting Eq saat mastering :

1. Agar warna suara tiap instrumen lagu jelas, keluaran suaranya, frekuensi, volume tiap sound tepat, dan lainnya.
2. Agar lagu tidak mendem, terdengar jelas/ bersih dari suara - suara yang tidak penting dan warm ( hangat ), halus tidak kasar.
3. Jika di putar di sound sistem apa pun enak suaranya karena balance.

Lainnya silahkan comment jika kalian ada masukan atau pertanyaan tentang topik equalizer ini. Intinya sering sering saja latihan nanti akan ketemu celahnya karena mixing dan mastering ini termasuk seni tiap orang.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 22.46

2 comments:

  1. abang, makasih buat infonya, jika berkenan, sila cek lagu2 saya di www.soundcoud.com/digital_soup . makasih bang

    BalasHapus
  2. alhamdulilah nambah ilmu dari sini.ILMU HARUS GRATIS.masuk surga bang. ;)

    BalasHapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.