Home » , » Cara memberi effect delay pada vocal di Fl studio 20

Cara memberi effect delay pada vocal di Fl studio 20

Pada umumnya vocal setelah rekaman biasanya hasilnya clean tanpa effect apapun jadi terdengar mentah. Jadi pada saat mixing harus ada proses eq dan penambahan effect agar menjadi bagus. Nah pada posting kali ini Ane kasih tahu cara memberi effect delay pada vokal yang simple di Fl studio 20 atau versi sebelumnya, agar suara jadi terdengar enak. Tidak perlu plugin tambahan cukup menggunakan plugin bawaan yang ada di FL studio.

Langkah memberi effect delay pada vokal :


1. Hubungkan channel vocal ke mixer Fl studio yang masih kosong slot nya, misal di insert 5. Cara set ke mixer lihat gambar di bawah jika belum tahu.




2. Ambil plugin "Fruity delay 3 " yang ada di mixer ( di slot 1 atau slot lainnya, bebas )

3. Pilih default preset dan atur ukuran delay nya mau seberapa banyak. Jangan terlalu banyak delay intinya yang penting pas dan tepat.



Control input pada plugin fungsinya untuk mengatur seberapa delay nya akan keluar. Sedangkan time = berapa kali delay akan berulang.

Silahkan dicoba langsung saja dan otak atik sendiri nanti akan tahu sendiri fungsi - fungsi control pada plugin delay 3. Atau lihat video dibawah ini dari official imageline.





Selain menggunakan fruity delay juga bisa menggunakan effect reverb 2, delay 2, atau Fruity delay bank. Masing - masing bisa digunakan hanya saja ada perbedaan fitur dan fungsinya.

Untuk latihan awal memberi effect delay pada vocal cukup gunakan plugin delay 2 atau 3, plugin bawaan Fl studio. Meskipun diluar sana banyak banget plugin khusus untuk mengatur delay atau reverb yang bisa didownload gratis. Contohnya product softube yaitu Tube delay Vst.

Contoh lagu yang vocalnya ada banyak delay :




Karakter vocalnya memang pasnya harus di kasih delay agar dinamika, nuansa, atmosfir nya lebih terasa. Dan menyesuaikan juga dengan karakter genre lagunya. Kalau genre pop Ane pikir tidak perlu harus terlalu di munculin effect delay nya.

Ya sudah kira seperti itulah cara memberi effect delay pada vocal di Fl studio 20. Intinya pemberian effect delay pada vocal tidak harus Ya ? Tergantung dari vocal itu sendiri, apakah harus di beri delay atau tidak. Untuk tune up saja. Umumnya fungsinya agar tidak ada space kosong pada line vocal sehingga lagu jadi padat dan berisi. Selamat mencoba.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 21.29

0 comments:

Posting Komentar

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.